Find Us On Social Media :

Begini Mudah Cara Gunakan Fitur Perintah Suara Voices Access

By Adam Rizal, Rabu, 21 April 2021 | 13:30 WIB

Voice Access

Saat ini para pabrikan smartphone sudah membenamkan fitur perintah suara atau voice controls ke dalam smartphonenya. Tentunya, fitur itu sangat membantu Anda dalam kondisi tertentu seperti sedang mengendarai kendaraan dan tangan harus fokus pada setir.

Google resmi merilis aplikasi perintah suara baru bernama Voice Access, sebuah aplikasi aksesibilitas yang memungkinkan pngguna mengoperasikan smartphone dengan perintah suara.

Dengan aplikasi itu, Anda dapat menggunakan suara untuk mengontrol perangkat Android, misalnya membuat hal-hal seperti menulis pesan, berbicara dengan Assistant, dan membuka aplikasi. Meski demikian, cakupan penggunanya tak terbatas pada pengguna disabilitas tapi cocok juga dipakai oleh orang normal yang ingin mencoba hal baru.

Voice Access dirancang untuk menggantikan fungsional sentuhan pada layar dengan perintah suara. Dalam penerapannya, fungsionalitas ini memang tidak menawarkan langkah yang lebih cepat atau mudah dibandingkan cara konvensional dengan sentuhan.

Namun, bagi mereka yang menderita kesulitan motorik, seperti penderita Parkinson, multiple sclerosis, arthritis, cedera sumsum tulang belakang, Voice Access menjadi harapan baru untuk tetap terhubung melalui smartphone.

Voice Access dapat menuliskan pesan dan mengedit teks dengan perintah suara. Anda cukup mengatakan “Ok Google” dan membuka aplikasi dengan perintah “buka”.

Tombol-tombol navigasi dan shortcut aplikasi ditandai dengan tanda pengenal berupa angka. Jadi, untuk menjalankan aplikasi dan navigasi, pengguna cukup menyebutkan angka-angka tersebut.

Untuk membuat pesan baru, pengguna cukup mengucapkan pesan mereka dengan mulut. Dan untuk mengedit, pengguna dapat menggunakan beberapa perintah, misalnya “Delete the line, undo, dan stop listening”.

Saat ini Voice Access mendukung perintah dalam bahasa Inggris tetapi Google akan menambahkan bahasa lain di masa mendatang. Siapapun yang memiliki smartphone atau tablet Android dapat membuka Google Play Store dan mengunduh Voice Access secara gratis.

Berikut langkah mudah mengaktifkan fitur voice controls Voice Access pada smartphone Anda. Agar fungsinya bekerja dengan optimal, pastikan untuk mengunduh aplikasi Voice Access dari Play Store. Setelah diinstal, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1.Buka pengaturan aplikasi di ponsel Anda. Bukan pengaturan di dalam aplikasi Voice Access.

2. Pilih menu Accessibility

3. Gulir ke bawah dan ketuk Voice Access pada kolom Services. Lalu di halaman berikutnya, Anda dapat mengaktifkan fitur ini.

Sama dengan aplikasi Google, Voice Access juga akan menerima perintah dengan panggilan “Hey, Google” atau “Ok, Google.”

Bedanya, saat Anda dalam panggilan telepon, apa pun di layar yang dapat Anda interaksikan akan muncul nomor di sebelahnya. Anda dapat mengatakan nomor mana yang ingin Anda "ketuk" pada bagian layar itu dengan suara Anda dan setelah itu dapat mengaksesnya.