Find Us On Social Media :

Alibaba Business School Hadirkan Netpreneur Training Virtual Pertama

By Cakrawala, Kamis, 22 April 2021 | 19:00 WIB

Ilustrasi pelatihan daring.

Alibaba Business School, unit edukasi dari Alibaba Group, hari ini mengumumkan akan menghadirkan program pelatihan Alibaba Netpreneur virtual yang pertama di Indonesia. Alibaba Business School menambahkan bahwa kehadiran program pelatihan Alibaba Netpreneur virtual tersebut bekerja sama dengan KADIN (Kamar Dagang dan Industri) Indonesia. Melalui program pelatihan Alibaba Netpreneur virtual, Alibaba Business School menargetkan bisa membekali para wirausahawan dan pelaku bisnis tanah air dengan pengetahuan serta bimbingan praktis untuk mempercepat upaya transformasi digital mereka; berkaca dari perjalanan ekonomi digital Alibaba.

“Akselerasi ekonomi digital sebagai dampak dari pandemi global telah membuka berbagai kesempatan yang sebelumnya tidak disadari. Kami sangat senang dapat mendemonstrasikan kepada para UKM dan wirausahawan, bagaimana mereka dapat memanfaatkan pembelajaran dan pengetahuan dari ekosistem digital kami, untuk memahami dan memanfaatkan peluang yang ada, serta mentransformasi bisnis mereka untuk mencapai kesuksesan jangka panjang dalam ekonomi digital,” sebut Zhang Yu (Alibaba Group Partner and Vice President).

Sebenarnya, pada tahun 2019 dan 2020, Alibaba Netpreneur Training Indonesia sudah diselenggarakan. Namun, pandemi COVID-19 membuat program pelatihan itu mendapat penyesuaian. Pada Alibaba Netpreneur Training Indonesia tahun 2019 dan 2020, pelatihan diadakan di Hangzhou. Di sana, para peserta mendapatkan pengetahuan mengenai tren ekonomi digital dan belajar secara langsung dari pemimpin bisnis Alibaba. Kini, Alibaba Netpreneur Training Indonesia gelombang ketiga akan diselenggarakan secara daring alias virtual dan juga luring. Namun, yang terakhir ini hanya untuk peserta yang memenuhi persyaratan dan ingin berpartisipasi.

Seperti telah disebutkan, program pelatihan Alibaba Netpreneur gelombang ketiga yang diselenggarakan secara virutal tersebut adalah yang pertama di Indonesia. Program itu akan dilaksanakan melalui serangkaian seminar virtual pada 14 Juli sampai 1 September 2021. Alibaba Business School menjelaskan bahwa seminar bersangkutan akan mencakup pengalaman pertama dari inovasi e-commerce dan digital, akses ke pemimpin bisnis di Alibaba dan Tiongkok, serta kesempatan untuk membangun relasi dengan para wirausahawan dari wilayah masing-masing; melalui berbagai latihan, kuliah interaktif, dan diskusi yang dinamis.

Secara spesifik, Alibaba Business School menyebutkan bahwa para peserta akan mendapatkan hal-hal berikut ini.

Setiap peserta akan dinilai dan diuji pula setiap minggu. Mereka juga akan mendapatkan tugas akhir di penghujung pelatihan. Peserta yang mendapatkan nilai yang baik kemudian bisa berpartisipasi pada sesi luring. Sesi tersebut akan diselenggarakan di Kantor Pusat Alibaba di Hangzhou ketika pembatasan perjalanan sudah dihapus. Pendaftaran untuk mengikuti Alibaba Netpreneur virtual bisa dilakukan di sini.