Find Us On Social Media :

Alibaba Group Duduki Posisi Ketiga Terbesar di Pasar IaaS Global

By Indah PM, Kamis, 29 April 2021 | 11:30 WIB

Alibaba Group

Alibaba Group kembali menduduki posisi ketiga terbesar di pasar global untuk infrastruktur layanan IaaS. Sementara untuk kawasan Asia Pasifik, Alibaba Group menduduki posisi pertama untuk 3 tahun berturut-turut. Demikian menurut laporan terbaru dari perusahaan riset global Gartner, yang berjudul Market Share: IT Services, Worldwide 2020.

Pangsa pasar Alibaba Group di pasar IaaS global tumbuh ke 9,5% di tahun 2020, yang menandai peningkatan sebesar 8,8% dari tahun sebelumnya. Sementara pada posisi pertama diduduki oleh Amazon dengan 40,8% dan Microsoft dengan 19,7%.

Laporan Gartner juga menunjukkan posisi Alibaba Group di berbagai industri IaaS global, termasuk peringkat 1 di sektor Pendidikan, dan posisi ke-3 di perbankan & sekuritas, utilitas (air, listrik, dsb.), dan juga pasar ritel. Pangsa pasar IaaS Alibaba Group di sektor pendidikan global juga menunjukkan pertumbuhan dari 18,8% di tahun 2019 menjadi 24,3% pada 2020.

“Kami akan melanjutkan kerja sama dengan berbagai mitra, untuk terus meningkatkan solusi dan teknologi kami, dan menjadi partner terpercaya untuk lebih banyak pelanggan di seluruh dunia,” ucap Jeff Zhang (Presiden Alibaba Cloud Intelligence).

Zhang menambahkan bahwa posisi yang diraih ini menjadi pengakuan atas upaya berkelanjutan mereka di sektor pendidikan, terutama dalam membantu sekolah-sekolah melanjutkan pembelajaran selama pandemi, melalui solusi pembelajaran digital.

Tahun lalu, Alibaba Cloud yang menjadi tulang punggung teknologi dan inteligensi digital Alibaba Group ini juga mengumumkan rencana penambahan investasi sebesar 406 triliun rupiah (sekitar 28 miliar USD) untuk tiga tahun ke depan. Investasi tersebut guna membangun infrastruktur cloud yang berfokus pada teknologi seperti sistem operasi, server, chip, dan jaringan.

Pada tahun fiskal 2020, Alibaba Cloud mendukung sebanyak 38% perusahaan yang masuk ke dalam daftar Fortune Global 500.

Alibaba Cloud hingga saat ini telah menopang ragam ekosistem Alibaba, mulai dari e-commerce, solusi pembayaran, logistik hingga manajemen rantai pasokan.