Find Us On Social Media :

Blibli Travel & UMKM Fest Hadir Dukung Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

By Cakrawala, Jumat, 23 April 2021 | 09:00 WIB

Blibli Travel & UMKM Fest.

Blibli kemarin menyampaikan mengenai program Blibli Travel & UMKM Fest yang telah diluncurkannya. Blibli menyebutkan peluncuran program dengan aneka penawaran menarik itu adalah untuk mendukung bangkitnya industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia; industri yang sempat melemah akibat pandemi COVID-19. Blibli pun menambahkan Blibli Travel & UMKM Fest merupakan komitmennya untuk berinovasi dengan menghimpun pelaku wisata dan ekonomi kreatif lokal di ekosistem berbasis teknologi. Hal itu diklaim sejalan dengan pemerintah yang juga sedang berusaha memulihkan pariwisata di tanah air memanfaatkan teknologi.

"Kolaborasi kami dengan asosiasi dan seller pariwisata serta ekonomi kreatif, telah membantu kami untuk mengkurasi pilihan destinasi wisata dan paket wisata yang menarik serta aman bagi pelanggan. Melalui Blibli Travel & UMKM Fest ini pun kami berharap para pelaku di industri pariwisata dan ekonomi kreatif dapat meningkatkan pemanfaatan teknologi demi menjangkau pasar pelanggan yang lebih luas, yang juga sesuai dengan transformasi digital yang pemerintah inginkan terjadi di setiap industri untuk mengantisipasi Revolusi Industri 4.0, ” ujar Kusumo Martanto (CEO Blibli).

“Saat ini pemerintah tengah melakukan berbagai strategi untuk mendorong kebangkitan industri pariwisata dan ekonomi kreatif, di antaranya melalui program Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja dan Bangga Buatan Indonesia, di mana kolaborasi antar pihak sangat dibutuhkan, termasuk dari platform e-commerce seperti Blibli yang dapat mengakselerasi transformasi digital Indonesia,” jelas Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif).

Program Blibli Travel & UMKM Fest sendiri berlangsung dari tanggal 16 sampai 30 April 2021. Blibli mengklaim sebanyak lebih dari 90.000 pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif berpartisipasi dalam program tersebut, termasuk asosiasi dan penjual di bidang perjalanan wisata, perhotelan dan desa wisata. Alhasil, pengguna Blibli bisa memilih berbagai destinasi dan paket wisata menarik.

Sebelumnya, berdasarkan data Blibli, pendemi COVID-19 membuat banyak pemain pada industri pariwisata bermigrasi ke platform daring. Begitu pula dengan pelaku ekonomi kreatif lokal. Berdasarkan data Blibli itu, jumlah penjual jasa tour and travel meningkat sebesar 50% pada kuartal pertama 2021 dibandingkan kuartal pertama 2020. Sementara, Galeri Indonesia yang merupakan wadah untuk industri pariwisata serta ekonomi kreatif lokal juga mengalami pertumbuhan tujuh kali lipat. Dengan berbagai tawaran yang dihadirkan, Blibli Travel & UMKM Fest tentunya membantu mempromosikan para pelaku pariwisata serta ekonomi kreatif lokal tersebut.

Blibli Travel & UMKM Fest antara lain menawarkan Flash Deals dan Brand Deals. Informasi lebih lengkap mengenai Blibli Travel & UMKM Fest dapat Anda lihat di Blibli.com/trvumkm-fest.