Find Us On Social Media :

Intel Klaim Xeon Scalable Generasi ke-3 Varian N Bisa Akselerasi 5G

By Cakrawala, Minggu, 25 April 2021 | 21:00 WIB

Intel Xeon Scalable Generasi ke-3.

Beberapa waktu lalu, seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini, Intel telah meluncurkan secara resmi Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Ice Lake di dunia. Lini prosesor Xeon terbaru itu melengkapi Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Cooper Lake yang meluncur lebih dulu. Seperti Intel Xeon Scalable Generasi sebelumnya, Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 juga hadir untuk beragam kebutuhan dengan aneka SKU (stock keeping unit)-nya. Salah satu dari SKU itu adalah yang mengusung huruf N yang dioptimalkan Intel untuk jaringan, termasuk 5G. Intel pun menyebutkan Xeon Scalable Generasi ke-3 varian N-nya itu menawarkan peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan generasi sebelumnya. Alhasil, Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 varian N diklaim bisa mengakselerasi beban kerja 5G.

"Kami melepaskan lebih jauh lagi berbagai kemampuan dari 5G dan kekuatan dari edge cerdas dengan aneka prosesor Xeon Scalable Generasi ke-3 yang dioptimalkan untuk jaringan kami terkini. Dirancang untuk mendukung beragam lingkungan jaringan, para prosesor generasi ke-3 terbaru dan komponen-komponen platform kami membolehkan operator-operator telekomunikasi global untuk menghantarkan terobosan berikutnya dalam inovasi jaringan demi berbagai model penggunaan consumer dan perusahaan yang lebih kaya lagi," sebut Dan Rodriguez (Intel Corporate Vice President and General Manager, Network Platforms Group).

Intel menyampaikan bahwa Xeon Scalable Generasi ke-3 varian N-nya bisa memberikan peningkatan kinerja secara rata-rata sebesar 62% pada sekumpulan beban kerja 5G dan jaringan yang banyak digunakan. Peningkatan tersebut tentu terhadap Xeon Scalable Generasi ke-2 varian N. Namun, Intel menjelaskan bahwa peningkatan kinerja rata-rata itu diperoleh dengan menggunakan komponen pendukung lain terkini seperti Ethernet seri 800. Pada peluncurkan Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Ice Lake, Intel memang mengedepankan dukungan "ekosistem" yang mumpuni.

Intel menegaskan Xeon Scalable Generasi ke-3 varian N merupakan prosesor yang ideal untuk wireless core, wireless access, network edge, dan security appliance. Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Ice Lake, seperti diberitakan sebelumnya, juga telah dilengkapi dengan Intel SGX (Software Guard Extensions) dan Intel Crypto Acceleration. Intel SGX adalah untuk keamanan, sedangkan Intel Crypto Acceleration adalah untuk mengakselerasi cryptographic. Keamanan tentunya pengting untuk jaringan, termasuk 5G. Intel SGX membolehkan komunikasi yang aman antara fungsi-fungsi kontrol 5G. Sementara, Intel Crypto Acceleration bisa menekan penurunan kinerja ketika menggunakan enkripsi; penggunaan enkripsi makin lazim dan luas.

Salah satu operator telekomunikasi seluler yang sudah menggunakan Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 varian N adalah SK Telecom. Dengan Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 varian N dan aneka komponen lain, SK Telecom bisa mengakselerasi kehadiran berbagai teknologi terkini pada core dan bagian lain dari jaringan 5G sehingga pelanggan bisa menikmati layanan 5G yang stabil. Intel tidak menyebut secara spesifik peningkatan yang bisa atau berhasil diperoleh SK Telecom. Namun, Intel mengklaim Xeon Scalable Generasi ke-3 varian N bisa meningkatkan kinerja 5G UPF (user plane function) sampai 42%.

Setidaknya terdapat empat Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 varian N yang diumumkan pada peluncuran resmi Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 lalu. SKU Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 varian N bersangkutan bisa dilihat pada Tabel 1.

Tabel 1. SKU Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 varian N yang diumumkan pada peluncuran resmi Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 di dunia.