Find Us On Social Media :

Microchip Umumkan MXT2912TD-UW untuk Layar Ultralebar di Mobil

By Cakrawala, Senin, 26 April 2021 | 09:00 WIB

Ilustrasi penggunaan Microchip MXT2912TD-UW.

Microchip belum lama ini mengumumkan pengendali layar sentuh atau touchscreen controller barunya yang disebut MXT2912TD-UW. Microchip mendefinisikan MXT2912TD-UW sebagai solusi cip tunggal pertama di industri yang memiliki kualifikasi otomotif dan mampu mengendalikan displai berukuran ultralebar sampai diagonal 45 inci, baik yang menggunakan panel LCD (liquid crystal display) maupun OLED (organic light emitting diode). Microchip mengklaim MXT2912TD-UW akan memudahkan produsen kendaraan seperti mobil dalam menghadirkan layar sentuh ultralebar di dashboard produknya.

Microchip menambahkan para desainer kendaran masa kini terus menggabungkan aneka displai, seperti displai bagian tengah dan kopengemudi, ke dalam layar ultralebar. Dengan Microchip MXT2912TD-UW, desainer bersangkutan bisa menekan jumlah pengendali layar sentuh yang diperlukan untuk dispai HMI (human machine interface) kendaraan. Selain itu, Microchip juga menyebutkan MXT2912TD-UW memiliki report rate yang paling tinggi untuk layar lebar tanpa terpengaruh oleh resolusi yang digunakan. Bahkan, Microchip menekankan MXT2912TD-UW memungkinkan pengalaman ala layar sentuh smartphone. Microchip MXT2912TD-UW juga mendukung penggunaan dengan sarung tangan tebal, begitu pula bila terdapat embun pada lapisan yang melapisi layar.

“Industri otomotif mendorong inovasi baru dalam desain interior, termasuk integrasi konsep HMI yang ramping. Microchip memungkinkan desain revolusioner ini dengan pengendali sentuh baru kami yang mendukung sensor sentuh [yang memiliki] rasio aspek lebar dengan teknologi kami yang unik dan dipatenkan,” ujar Fanie Duvenhage (Wakil Presiden Unit Bisnis HMI). “Solusi cip tunggal kami menawarkan para pembuat layar dan pemasuk otomotif Tingkat 1 solusi sentuh yang simpel dan dikenal untuk sistem HMI kendaraan modern, yang mengurangi biaya, risiko, dan time to market,” tambahnya.

Tak hanya mengurangi pengendali layar sentuh dan menghadirkan pengalaman pengguna yang baik, Microchip menegaskan pula bahwa MXT2912TD-UW mengandung aneka fitur sehubungan keamanan. Hal tersebut membantu produsen kendaraan untuk mendapatkan sertifikasi keamanaan untuk sistem displainya. Seperti aneka produk Microchip lain, Microchip pun menawarkan perkakas-perkakas untuk membantu para desainer dalam mengembangkan sistem yang menggunakan MXT2912TD-UW pada kendaraan.

Microchip MXT2912TD-UW sendiri sudah tersedia secara massal. Adapun harganya bervariasi berdasarkan jumlah yang dibeli. Harga pembeliaan lebih dari 100 unit, tetapi kurang dari 1.000 unit, adalah US$17,39 per unitnya.