Find Us On Social Media :

Ini Perbedaan Layanan Podcast Berbayar Apple dan Spotify, Pilih Mana?

By Adam Rizal, Senin, 26 April 2021 | 15:00 WIB

Ilustrasi pengguna dengarkan layanan musik streaming Spotify

Apple baru saja mengumumkan layanan Podcast Berbayar, sebuah platform bagi pendengar yang ingin menemukan konten podcast berbasis langganan pada pekan lalu.

Layanan itu melibatkan kemitraan dengan Luminary dan perusahaan lainnya yang mencakup judul seperti serial asli Midnight Miracle.

Hanya tiga hari setelah Apple mengumumkan Podcast Berbayar, platform streaming musik Spotify juga akan bergabung dengan layanan Podcast berbayar berbasis langganan mereka sendiri. Berbeda dengan Apple, layanan konten berbasis langganan Spotify itu akan gratis untuk podcaster. Spotify juga tidak akan mengambil potongan dari harga langganannya, dan mengizinkan mereka menetapkan harga sendiri seperti dikutip Engadget.

Hal itu berbeda dari Langganan Podcast Apple yang merupakan kabar baik bagi pembuat konten.

Apple berencana untuk mengambil sebagian besar pendapatan sebagai komisi, tepatnya 15-30%. Nilai itu di luar biaya tahunan $20 untuk keanggotaan.

Baik Apple dan Spotify bukanlah pionir di sini. Perusahaan seperti Stitcher (perusahaan Sirius XM), Wondery (perusahaan Amazon), dan Luminary telah menggunakan praktik ini selama beberapa waktu.

Luminary sendiri akan bermitra dengan Apple untuk beberapa konten asli yang dapat diyemukan di kedua platform.

Persaingan antara Apple dan Spotify telah berlangsung lama yang dimulai dengan perang streaming musik dan sekarang bergerak ke fase baru: perang podcast.

Spotify lebih unggul karena layanannya tersedia di lebih banyak platform, dan hampir menggandakan pelanggan aktif Apple Music yang membayar.

Di sisi lain, Apple memiliki keuntungan dari “ekosistem”-nya. Perangkat Apple terkait erat dan menawarkan beberapa pengalaman lintas perangkat terbaik. Menurut Wall Street Journal, layanan podcast berbasis langganan Spotify akan diluncurkan minggu depan.