Find Us On Social Media :

Lima Tips DANA untuk Mengelola THR agar Tak Hanya Numpang Lewat

By Cakrawala, Selasa, 27 April 2021 | 23:55 WIB

Ilustrasi mengelola THR dengan DANA.

Menjelang hari raya karyawan di Indonesia sewajarnya mendapatkan tunjangan hari raya yang biasa disingkat THR. Begitu pula dengan Lebaran atau Idulfitri tahun ini yang sebentar lagi tiba. Nah, DANA hari ini membagikan lima tipsnya dalam mengelola THR. DANA berharap tipsnya itu bisa membuat THR karyawan yang menjalankannya tidak hanya numpang lewat, melainkan lebih bermanfaat. Tak jarang THR yang sekadar numpang lewat memang terdengar dikeluhkan oleh berbagai pihak. Adapun tips yang dibagikan DANA itu tentunya memanfaatkan fasilitas yang ada di dompet digital tersebut.

“Kami harap tips yang kami berikan bisa membantu masyarakat dalam mengelola uang THR dengan lebih baik dan memberikan manfaat lebih. DANA sebagai dompet digital yang dibangun untuk memudahkan masyarakat di berbagai momen, termasuk Ramadan dan Idul Fitri, mengakomodasi kebutuhan tersebut dengan sejumlah fitur, di antaranya Donasi & Zakat, Belanja, Beli Game, dan Kirim Uang. Selama Ramadan, DANA juga menggelar program ‘Ramadan Praktis Pakai DANA’ hingga 9 Mei 2021 yang menghadirkan penawaran-penawaran menarik serta hadiah senilai total Rp150 juta,” ujar Monita Moerdani (Chief Marketing Officer DANA).

Berikut kelimat tips dari DANA untuk mengelola THR yang diperoleh agar tak hanya numpang lewat.

1. Buat Daftar Catatan Tujuan THR

Pisahkan THR dengan gaji dan tentukan tujuan penggunaan THR bersangkutan. DANA menyarankan agar menyisihkan sebagian THR untuk dana darurat atau investasi. Terdapat fasilitas di DANA yang disebut DANA Goals yang bisa membantu pengguna dalam menyisihkan THR. Dengan DANA Goals, Pengguna dapat membuat sampai 10 tujuan atau goal.

2. Utamakan Kebutuhan

Kebutuhan sehari-hari tentu tetap harus menjadi prioritas. Jangan sampai kebutuhan sehari-hari yang tidak terpenuhi, seperti paket data internet yang habis, menggangu perayaan Lebaran. Pengguna bisa memanfaatkan DANA untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari di sejumlah supermarket maupun e-commerce selama Lebaran, juga membeli pulsa dan paket data dengan mudah dan aman.3. Jadikan THR Penuh Berkah dengan Sedekah

Membayar zakat menjadi kewajiban bagi umat Islam. Oleh karena itu, gunakan bagian dari THR untuk membayarnya. Selain zakat, bulan Ramadan dan Idul Fitri bisa pula dijadikan momen untuk memperbesar amal ibadah melalui sedekah. DANA sudah bekerja sama dengan Dompet Dhuafa & Kita Bisa untuk penerimaan dan penyaluran zakat dan sedekah. Jadi, pengguna bisa memanfaatkan DANA agar pembayaran zakat dan sedekah makin mudah, praktis, dan aman.4. Sisihkan untuk Investasi

Seperti telah disebutkan, DANA menyarankan agar menyisihkan sebagian THR untuk dana  investasi. Adapun investasi yang bisa dilakukan antara lain adalah membeli logam mulia alias emas. Nah, di DANA sendiri juga tersedia fasilitas untuk investasi logam mulia tersebut. Di DANA pengguna bisa membeli emas dengan mudah, aman, dan terjangkau. Pengguna bisa membeli emas mulai dari 0,01 gram atau kurang dari Rp10 ribu secara langsung tanpa biaya tambahan.

5. Boleh Memanjakan Diri, tapi Harus Sesuai Kemampuan

Setelah semua pos pengeluaran yang wajib dan penting dipenuhi, tidak ada salahnya menggunakan THR yang tersisa untuk memanjakan diri. Namun, tentunya harus sesuai kemampuan. Bagi yang suka berbelanja atau bermain gim, DANA menawarkan voucher dengan potongan harga alias diskon.