Find Us On Social Media :

Begini Cara Nonton YouTube Tanpa Perlu Khawatir Kuota Data Cepat Habis

By Adam Rizal, Kamis, 29 April 2021 | 14:00 WIB

Ilustrasi Konten Edukasi di YouTube

Saat ini YouTube menjadi rujukan pertama orang-orang di dunia untuk menikmati konten-konten video.

Pengguna YouTube bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton konten video secara live streaming di platform tersebut.

Tentunya, cara itu akan membuat kuota data internet Anda boros dan cepat habis. Untungnya, YouTube menghadirkan fitur baru yang dapat menghemat kuota data Internet dan pengguna bisa mengatur kualitas video yang akan ditampilkan lewat opsi Video Quality Preferences.

Berikut cara nonton YouTube tanpa perlu khawatir kuota data cepat habis seperti dikutip 9To5Google:

Untuk mengatur mode hemat data itu, pengguna bisa cukup membuka menu 'Pengaturan' dengan mengklik tombol tiga titik yang berada di bagian pojok kanan atas video yang tengah disaksikan.

Kemudian, pengguna akan mendapatkan tiga opsi pengaturan yaitu Auto, Higher, dan Data Saver

Jika memilih opsi "Auto", maka YouTube akan menampilkan tayangan video dengan kualitas terbaik berdasarkan kecepatan koneksi data internet pengguna.

Misalnya, video YouTube yang sebelumnya secara default ditayangkan dalam kualitas high definition (720p ke atas), secara otomatis akan diturunkan apabila adanya gangguan koneksi internet.

Sedangkan model 'Higher', apabila pengguna ingin YouTube menampilkan video beresolusi tinggi. Itu artinya jika memilih opsi 'Higher' maka kuota yang dihabiskan akan lebih besar karena video beresolusi tinggi.

Untuk menghemat kuota, pengguna bisa memilih opsi 'Data Saver' yang akan menampilkan tayangan video dengan kualitas paling rendah mulai dari 144p dan maksimal 480p. Semakin rendah resolusi yang ditampilkan maka semakin irit penggunaan data.