Find Us On Social Media :

Apple MacBook Pro Terbaru Bakal Gunakan Chip M2, Ini Keunggulannya

By Rizal, Sabtu, 1 Mei 2021 | 10:30 WIB

Apple MacBook Pro 16

Apple mulai memproduksi massal chip M2 generasi kedua untuk model MacBook Pro terbaru yang akan meluncur pada paruh kedua tahun ini.

“Prosesor M2 telah memasuki produksi volume awal bulan ini. Pengiriman bisa dimulai paling cepat Juli,” kata sumber seperti dikutip Nikkei Asia.

Tak hanya MacBook Pro, Apple juga akan meluncurkan prosesor M2 di berbagai produk nanti. Tentunya, prosesor M2 akan menawarkan banyak peningkatan dalam hal kinerja dan pengoptimalan.

Apple pun menggandeng TSMC untuk memproduksi chip M2 tersebut seperti dikutip Gizmochina.

Baca Juga: BI Prediksi Transaksi Uang Elektronik Capai Rp226 Triliun Tahun Ini

Apple akan membuat M2 dengan proses N5P baru. Chip M1 saat ini didasarkan pada proses N5, yang menurut angka resmi TSMC menawarkan peningkatan kecepatan 15 persen dan pengurangan daya 30 persen dibandingkan dengan proses N7 (7 nm).

Tentunya, N5P diyakini meningkatkannya lagi masing-masing menjadi 20 dan 40 persen, dibandingkan dengan N7.

M2 diharapkan menambahkan lebih banyak inti CPU dan GPU, mungkin juga beberapa inti NPU.

Saat ini Chip M1 memiliki 4 core CPU besar (dan 4 core kecil) ditambah 7 atau 8 core GPU. Hal itu membuat proses yang lebih efisien akan menguntungkan chip yang lebih besar dan lebih bertenaga.

Komputer bertenaga M1 telah merevitalisasi bisnis komputer Apple. Menurut data IDC, Apple mengirimkan 6,69 juta Mac pada periode Januari-Maret, lebih dari dua kali lipat dari yang dikelolanya pada periode yang sama tahun lalu.

Periode Januari-Maret tahun ini merangkai tahun 2020 yang sudah menjadi tahun yang kuat bagi Apple dengan pengiriman 23 juta komputer Mac, naik 29,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca Juga: Enam Alasan Traveloka Paylater Buat Perjalanan Anda Lebih Nyaman