Find Us On Social Media :

Terlalu Digdaya, Apple iPad Masih Kuasai Pasar Tablet di Dunia

By Adam Rizal, Senin, 3 Mei 2021 | 15:30 WIB

iPad Pro

Firma riset IDC melaporkan Apple masih mendominasi pasar tablet global pada periode kuartal pertama 2021.

IDC melaporkan tablet yang berhasil dikirimkan ke pasar global tercatat mencapai 39,9 juta unit pada kuartal I-2021.

Apple berhasil menguasai 31,7 persen dari pangsa pasar tablet global tersebut. Total pengiriman iPad pada periode ini mencapai 12,7 juta unit, angka itu melonjak 64,3 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (Year-over-Year).

Pada kuartal I-2020, ada sebanyak 7,7 juta unit iPad yang dipasarkan Apple secara global. Angka perngiriman dan pertumbuhan tahunan yang positif ini membuat Apple semakin kokoh sebagai pemimpin pasar tablet global.

Di bawah Apple, ada Samsung yang berada di urutan kedua. Pada kuartal I-2021 ini, Samsung tercatat mengirimkan 8 juta unit tablet dan meraup 20 persen pangsa pasar tablet global.

Posisi ketiga dan keempat ditempati oleh Lenovo dan Amazon. Menariknya, pada kuartal pertama 2021 ini, keduanya mencatat pertumbuhan hingga lebih dari 130 persen.Lenovo yang berada di posisi ketiga dilaporkan mengalami pertumbuhan hingga 138 persen. Lenovo berhasil mengirimkan 3,8 juta tablet miliknya.

Jumlah ini meningkat bila dibandingkan periode yang sama tahun 2020, yang hanya 1,6 juta unit saja.

Pada periode ini, Amazon tercatat mengirimkan 3,5 juta unit tabletnya, naik dari sebelumnya yang hanya 1,4 juta unit saja. Dengan demikian, Amazon.com mencetak pertumbuhan pengiriman hingga 143 persen secara YoY.

Huawei juga mengisi posisi lima besar dengan total pengiriman 2,7 juta unit. Angka pengiriman ini stagnan bila dilihat secara YoY.

Performa Tablet

IDC mencatat secara keseluruhan ada 39,9 juta unit pengiriman tablet global pada kuartal I-2021.

Jumlah tersebut meningkat dari periode yang sama tahun 2020, di mana ada sebanyak 25,7 juta tablet yang dikirimkan oleh para vendor.

Angka pertumbuhan tersebut membuat periode ini menjadi performa terbaik pengiriman tablet global sejak kuartal III-2013 di mana kala itu pasar tablet global tumbuh sebesar 56,9 persen.

Sejak periode tersebut, pasar tablet dunia tidak pernah tumbuh lebih dari 50 persen.

Analis IDC Anuroopa Nataraj, mengungkapkan bahwa pengiriman tablet akan terus menunjukkan performa yang positif meskipun para pekerja di dunia sudah kembali ke kantor dan mulai meninggalkan tren WFH.

"Meskipun peluncuran vaksin dan pelaku bisnis yang kembali ke kantor akan memperlambat tren bekerja dari rumah, kita masih jauh dari kembali ke kondisi kerja 'normal' dan karenanya permintaan tablet, terutama jenis detachable (yang bisa dilepas), diperkirakan akan terus berlanjut untuk sementara waktu," ungkap Nataraj.

Sejauh ini, para analis memang memperkirakan bahwa kondisi pandemi yang memaksa pekerja untuk bekerja dari rumah (WFH) adalah salah satu pemicu meningkatnya permintaan tablet global.

Selain itu menurut Nataraj, tablet di segmen pendidikan juga akan mengalami persaingan langsung dengan perangkat Chromebook.

"Pembeli semakin beralih ke produk lain, seperti notebook tipis dan ringan untuk bekerja atau hiburan dan Chromebook untuk pendidikan. Masa depan tablet akan tetap berada di bawah persaingan," kata Nataraj, sebagaimana dihimpun dari situs IDC.