Find Us On Social Media :

Meriahkan Hari BBI, Blibli Bantu UMKM Raih Potensi Bisnis Saat Ramadan

By Liana Threestayanti, Selasa, 4 Mei 2021 | 22:35 WIB

Blibli memeriahkan Hari BBI sembari membantu UMKM meraih potensi bisnis di bulan Ramadan.

Meramaikan Hari Bangga Buatan Indonesia (Hari BBI) yang jatuh pada tanggal 5 Mei 2021, Blibli meluncurkan laman khusus berupa microsite bertema Hari BBI. Laman khusus ini berisi kurasi khusus produk-produk UMKM dan brand lokal dengan kualitas terbaik. 

Hari BBI merupakan program pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi dengan memanfaatkan momentum Ramadan dan Idul Fitri untuk meningkatkan performa industri UMKM dan brand lokal.

Blibli melihat bahwa inisiatif pemerintah ini akan berdampak positif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional karena mensinergikan kekuatan pemain lintas industri, yaitu e-commerce dan UMKM, dalam memaksimalkan aktivitas ritel saat Ramadan dan Idul Fitri yang penuh potensi. 

“Sebagai perusahaan berbasis teknologi, Blibli bertujuan menjadi penggerak transformasi digital di Indonesia. Memperkuat kehadiran dan kinerja UMKM lokal serta brand-brand di platform digital merupakan salah satu cara mewujudkan tujuan kami sebagai e-commerce lokal Indonesia. Partisipasi kami dalam Hari BBI ini diharapkan dapat mendorong terjadinya transaksi antara UMKM dan brand lokal dengan pelanggan yang sudah semakin menggemari hasil produk ciptaan anak bangsa," jelas Andreas A. Pramaditya, VP Galeri Indonesia Blibli.

Microsite Hari BBI diluncurkan oleh platform Blibli pada 3 Mei dan akan berlangsung hingga 13 Mei 2021. Di microsite tersebut, Blibli menyajikan kurasi spesial dari 8 juta lebih produk UMKM dan brand-brand lokal terbaik. Blibli pun akan berkolaborasi dengan lebih dari 350 brand lokal ternama untuk menghadirkan kurasi produk pilihan seperti kuliner, kriya, kecantikan & kesehatan, fashion lokal & Muslim, hampers Lebaran, dan elektronik. Pelanggan Blibli dapat menikmati penawaran dari para brand lokal yang namanya sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia, mulai dari Wardah, Eiger, Brodo, Cosmos hingga Polytron. 

“Blibli menyadari bahwa usaha kami untuk memajukan produk UMKM dan brand lokal membutuhkan kolaborasi antara pihak, mulai dari seller hingga pemerintah. Oleh karena itu, kami akan terus berdiri di jalur terdepan untuk membantu pemerintah dalam menyukseskan program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan membuka ekosistem e-commerce Blibli yang menyeluruh bagi UMKM dan brand-brand lokal,” lanjut Andreas.

Untuk memudahkan UMKM dan brand-brand lokal melakukan proses order fulfillment dengan biaya rendah, Blibli juga menyediakan infrastruktur logistik dan operasional. Salah satu perwujudan hal tersebut adalah program ongkir gratis dari Blibli untuk semua pengiriman produk UMKM dan brand-brand lokal. Ditambah lagi, Blibli bekerja sama dengan 20 mitra pengiriman untuk menyediakan berbagai opsi pengiriman, termasuk pengiriman cepat seperti 2 Hour Delivery, Instant Delivery, dan Same Day Delivery. Ada pula fasilitas Fulfillment By Blibli (FBB) di mana UMKM dan brand-brand lokal dapat menggunakan jasa end-to-end logistics yang memanfaatkan 20 warehouse dan 32 hub Blibli yang tersebar di kota-kota besar di seluruh Indonesia.

“Dukungan logistik akan selalu menjadi bagian dari Blibli, selain Galeri Indonesia sebagai kategori khusus bagi UMKM dan pelatihan kewirausahaan yang konsisten dilaksanakan Blibli untuk mengembangkan kemampuan digital para pelaku UMKM dan brand-brand lokal,” kata Andreas.

Selama pandemi, Blibli terus mendukung pemberdayaan UMKM melalui berbagai inisiatif yang dilakukan bersama pemerintah, baik bersama berbagai kementerian dan Bank Indonesia. Di antara inisiatif tersebut adalah program Kakak Asuh UMKM dan mendorong digitalisasi UMKM agar lebih kompetitif di pasar. Blibli pun juga menghadirkan kompetisi Blibli Big Start Indonesia yang memberikan pelatihan kepada UMKM untuk mengembangkan bisnisnya.

Sebagai bagian dari HBBI, Blibli, melalui kerja sama dengan mitra perbankan dan pembayaran, juga menawarkan promo belanja khusus agar pelanggan bisa mendapatkan produk lokal yang mereka butuhkan untuk Ramadan dan Idul Fitri. Program Hari BBI beserta promo dapat dilihat di microsite Blibli dengan mengunjungi tautan ini: blib.li/hbbi