Find Us On Social Media :

Alasan Apple Diprediksi Kirimkan 20 Juta iPhone Lipat pada 2023

By Adam Rizal, Selasa, 4 Mei 2021 | 09:30 WIB

iPhone Lipat

Apple baru akan membuka tabir iPhone lipat pada 2023, menyusul popularitas smartphone lipat terus meningkat di pasaran.

Apalagi, masing-masing pabrikan smartphone mulai menjual smartphone lipatnya sebagai tanda inovasi dan teknologi mutakhir terkini.

Hal itu disampaikan analisis industri smartphone yang terkenal akurat memprediksi produk-produk Apple, Ming-Chi Kuo.

Ia memprediksi Apple akan mengirimkan 15 hingga 20 juta unit iPhone lipat pada 2023 seperti dikutip 9to5Mac.

iPhone lipat akan mengusung layar OLED 8 inci buatan Samsung. Saat ini gebrakan Apple di smartphone lipat cukup tertinggal dari pemain lainnya, termasuk Samsung dan Huawei.

Kuo memprediksi pengiriman iPhone lipat bakal sukses di pasar dan laris manis, menyusul Apple memiliki ekosistem lintas produk yang kuat. Apalagi, saat ini gawai lipat yang beredar mengintegrasikan ponsel dengan tablet.

Kuo meyakini gawai lipat akan mengaburkan batasan ponsel, tablet, dan laptop sekaligus.

"Dengan eksosistem lintas produk dan keuntungan desain perangkat keras, Apple akan menjadi pemenang besar di tren perangkat lipat terbaru," kata Kuo.

Dari sumber lain, disebutkan bahwa Apple tahun lalu telah memerintahkan Foxconn, manufaktur iPhone, untuk membuat dua purwarupa untuk ponsel lipat.

Baca Juga: Setelah Menikah 27 Tahun, Bill Gates dan Istri Memutuskan Berpisah

Konsep Desain Lipat

Apple telah mengerjakan banyak ide dengan menunjukkan bagaimana layar dapat meluas bersama dengan titik artikulasi engsel untuk kemungkinan hadirnya iPhone lipat di masa mendatang.

Apple telah mematenkan desain tertentu untuk iPhone lipat sekaligus menjadi pertanda bahwa Apple akan memperkenalkan iPhone lipat suatu saat nanti seperti dikutipGizmochina.

Apple mendesain engsel iPhone lipat sangat unik karena struktur engsel multi-link, yang berarti engsel tersebut tidak terdiri dari satu mekanisme tunggal tetapi beberapa struktur kompleks secara keseluruhan.

Struktur engsel itu mencakup “gigi roda, sabuk, dan/atau struktur sinkronisasi gerakan lainnya” dan menampilkan “anggota yang bergerak relatif satu sama lain selama proses lipat.”

Selain itu, komponen yang bergerak tersebut juga dapat mencakup batang fleksibel dan sambungan dengan permukaan bantalan melengkung yang berlawanan sehingga mencegah rotasi berlebihan pada bodi dan sambungan terhadap satu sama lain.

Sambungan tersebut bahkan mungkin dapat berputar di sekitar titik pivot yang terletak di suatu tempat pada layar terpisah dari struktur engsel.

Paten itu mungkin berbentuk iPhone dengan layar yang dapat diperbesar atau bahkan iPhone dengan layar geser keluar.

Sayangnya, masih terlalu dini untuk mengetahui untuk apa sebenarnya teknologi layar ini. Bisa saja Apple memasukannya ke dalam produk selain iPhone.

Baca Juga: Difasilitasi Zipmex, Pria Ini Pertama di Asia Beli Lamborghini Pakai Bitcoin