Find Us On Social Media :

Twitter Kenalkan Fitur Terbaru Spaces, Ini Syarat dan Cara Pakainya

By Adam Rizal, Rabu, 5 Mei 2021 | 11:00 WIB

Twitter Spaces

Twitter meluncurkan fitur Spaces untuk semua pengguna yang setidaknya memiliki 600 pengikut. Spaces adalah fitur obrolan suara khusus audio yang memungkinkan penyelenggara melakukan streaming ke sesama pengguna Twitter.

Dengan Spaces, pengguna dapat mendengarkan atau menjadi bagian dari percakapan.

"Sejak kami mengembangkan fitur ini, jutaan orang sudah bisa membuat sesi di Spaces dan kami terus melakukan perbaikan berdasarkan masukan anda," tulis Twitter dalam blog resminya seperti dikutip GSM Arena.

Fitur Spaces yang paling ditunggu-tunggu adalah 'Ticketed Spaces' yang memungkinkan host Space memonetisasi Spaces mereka dengan uang. Nantinya, ada sekelompok pengguna terbatas menguji 'Ticketed Space' dalam beberapa bulan mendatang.

Tak hanya itu, pengguna juga dapat menyetel untuk pengingat dan menjadwalkan slot waktu untuk Spaces mendatang. Spaces yang di-hosting bersama, pembuatan teks langsung yang lebih baik, dan akses yang lebih baik ke Spaces melalui ikon profil di feed Twitter, semuanya akan hadir di Spaces di masa mendatang.

Fitur Spaces muncul berkat popularitas Clubhouse, aplikasi startup yang didasarkan pada landasan yang sama. Clubhouse mendapatkan popularitasnya di tengah pandemi COVID-19 karena banyak yang dikarantina dan menghabiskan waktu di rumah.

Spaces muncul di bagian atas feed dalam gelembung ungu, di antara Twitter Fleets. Untuk membuat Space, ketuk tombol Tweet dan ketuk ikon Spaces.

Syarat Jadi Host

Meski sudah resmi hadir, tak semua pengguna Twitter bisa jadi host untuk membuat room Spaces. Untuk membuat room, Twitter memberikan syarat bahwa hanya akun dengan 600 followers yang bisa membuat room tersebut.

Menurutnya, akun-akun dengan ratusan pengikut tersebut memiliki pengalaman lebih baik saat mengadakan sesi di Spaces.

"Kami akan fokus untuk belajar lebih banyak, mempermudah orang untuk menemukan Spaces, dan membantu mereka menikmati Spaces dengan audiens yang beragam," jelas Twitter.

Spaces memiliki cara kerja yang sama dengan Clubhouse. Bedanya, pengguna tidak memerlukan link undangan khusus untuk bergabung ke platform layaknya Clubhouse.

Jika ingin bergabung ke Spaces, pengguna bakal melihat notifikasi dari following mereka. Nantinya, room Spaces akan diletakkan di kolom atas, bersamaan dengan Fleets Twitter.

Ketika bergabung sebagai pembicara atau speakers, selain berbicara, pengguna juga dapat menyematkan tweet ke Space, mengaktifkan caption agar pendengar dapat mengikuti apa yang dibicarakan, serta membuat Tweet tentang Space tersebut agar pengikut Anda juga bisa bergabung.

Sedangkan untuk menjadi host di Spaces, mereka bisa memiliki kontrol untuk menentukan siapa yang berbicara, topik yang dibicarakan, dan suasana yang ingin diciptakan. Mereka juga bisa mengundang orang untuk bergabung lewat tweet atau mengirimkan DM kepada mereka.

Selain itu, host juga memiliki kontrol untuk membisukan (mute) pembicara, mencabut izin bicara, atau mengeluarkan mereka dari Space. Baru-baru ini, Twitter telah menambahkan fitur yang memungkinkan host dapat membisukan seluruh pembicara secara bersamaan.