Find Us On Social Media :

Samsung Bakal Buat 110 Juta Layar OLED iPhone 13, Ini Kecanggihannya

By Adam Rizal, Kamis, 6 Mei 2021 | 09:00 WIB

iPhone 12

Samsung akan memasok 110 juta panel OLED untuk iPhone 12 dan iPhone 13 pada tahun ini. Hebatnya layar belakang iPhone 13 itu akan termasuk layar polikristalin oksida (LTPO) suhu rendah dengan refresh rate 120Hz.

Samsung akan memasok sebagian besar panel LTPO dan sisanya akan dilakukan oleh LG. Apple membutuhkan setidaknya 169 juta panel OLED untuk iPhone pada 2021. Kebutuhan itu akan dipasok 110 juta dari Samsung Display, 50 juta dari LG Display, dan 9 juta dari BOE.

Sementara itu papan sirkuit cetak fleksibel (RFPCB) yang menghubungkan layar OLED ke smartphone akan dipasok Samsung Electro-Mechanics. RFPCB dapat mengakomodasi lebih banyak desain produk dan transmisi sinyal listrik yang lebih cepat.

iPhone 13 dan 13 mini tidak akan memiliki tampilan refresh rate yang lebih tinggi dan akan menggunakan desain FPCB. Sebagai informasi, harga RFPCB lebih mahal daripada FPCB yang lebih tradisional.

Samsung Electro-Mechanics telah mempertimbangkan untuk keluar dari bisnis RFPCB tahun lalu, karena belum mendapatkan keuntungan dalam beberapa tahun terakhir. Produk terakhir yang dipasok adalah papan untuk iPhone 12.

Dalam video baru, YouTuber populer Filip Koroy alias EverythingApple Pro bersama pembocor informasi spesifikasi ponsel baru, Max Weinbach, memiliki banyak hal eksklusif tentang jajaran iPhone 13, termasuk audio, desain dan peningkatan kamera. Koroy mencatat bahwa beberapa di antaranya sudah dikonfirmasi.

Menurut Koroy, Apple akhirnya akan merilis versi Matte Black dari iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max. Secara keseluruhan ponsel dengan warna ini mirip dengan Phantom Black yang ada pada Galaxy S21 Ultra—yang banyak peminatnya saat dirilis.

“Ini sangat mungkin terjadi,” ujar Koroy seperti dikutip GSM Arena.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino, Amerika Serikat itu juga melakukan peningkatan praktis ke jajaran iPhone 13 Pro. Koroy melaporkan bahwa akan ada lapisan yang lebih baik yang diterapkan pada bingkai baja tahan karat ponsel agar lebih tahan noda dan sidik jari.