Find Us On Social Media :

Ericsson Umumkan Radio 6626 yang Bisa Meningkatkan Kapasitas 5G

By Cakrawala, Sabtu, 8 Mei 2021 | 22:00 WIB

Ilustrasi Radio 6626 yang bisa menggantikan enam radio — satu radio untuk setiap pita frekuensi dan sektor — berhubung merupakan radio pita ganda tiga-sektor.

Ericsson belum lama ini mengumumkan peluncuran Radio 6626 di dunia. Ericsson mengklaim Radio 6626 itu bisa membantu operator telekomunikasi seluler meningkatkan kapasitas 5G FDD (frequency division duplex)-nya, bahkan bila pada BTS (base transceiver station) yang digunakan sudah memiliki radio 2G, 3G, dan 4G. Ericsson menyebutkan Radio 6626 sebagai suatu radio pita ganda tiga-sektor yang mendukung standar 2G sampai 5G. Pita ganda merujuk pada kemampuan Ericsson Radio 6626 untuk beroperasi pada dua pita frekuensi, sedangkan tiga sektor merujuk ke sektor pada sel seluler. Sektor pada sel seluler ini menyerupai sektor pada lingkaran dan memungkinkan kapasitas yang lebih tinggi; makin banyak sektor, makin banyak kapasitas yang dimungkinkan.

Ericsson menegaskan pula Radio 6626 bisa menurunkan biaya dan penggunaan energi. Ericsson mengklaim Radio 6626 bisa menurunkan penggunan energi sampai 50%. Ericsson Radio 6626 misalnya bisa menggantikan enam radio — satu radio untuk setiap pita frekuensi dan sektor — berhubung merupakan radio pita ganda tiga-sektor.

”Radio pita ganda tiga-sektor baru kami menawarkan kesempatan bagi penyedia layanan komunikasi untuk mengurangi radio footprint dan waktu pemasangan yang diperlukan di lokasi secara signifikan. Selain itu, produk ini menurunkan jumlah total konsumsi daya hingga 50 persen. Inovasi ini akan membantu pelanggan kami dalam meningkatkan kapasitas dan semakin mempercepat cakupan 5G dengan pita FDD, yang kini tersedia secara luas,” ujar David Hammarwall (Head Product Line Radio, Ericsson).“Ericsson terus berupaya untuk mendukung penyedia layanan komunikasi dalam meningkatkan efisiensi biaya dengan menghadirkan beragam produk dan solusi mutakhir. Dengan diluncurkannya Radio 6626, kami terus memperkuat portofolio produk bagi pelanggan di Indonesia. Pun peluncuran ini menjadi sangat relevan karena para penyedia layanan komunikasi Indonesia tengah bersiap untuk menerapkan 5G dalam waktu dekat,” sebut Jerry Soper (Country Head Ericsson Indonesia).

Dengan dukungan terhadap 2G sampai 5G, Ericsson Radio 6626 tentunya makin cocok untuk operator telekomunikasi seluler di Indonesia. Saat ini Indonesia memang belum menerapkan 5G, tetapi penerapannya bisa dibilang tinggal menunggu waktu. Alhasil, Ericsson Radio 6626 bisa digunakan operator telekomunikasi seluler di tanah air untuk meningkatkan kapasitas 4G-nya terlebih dulu. Nantinya, bila 5G sudah bisa digunakan, operator telekomunikasi seluler itu bisa menggunakan Ericsson Radio 6626 bersangkutan untuk 5G selama pita frekuensinya sesuai.

Ericsson Radio 6626 sendiri hadir dengan varian 900 MHz dan 800 MHz serta varian 2.100 MHz dan 1.800 MHz. Ditenagai Ericsson Silicon, Ericsson Radio 6626 bisa memberikan daya keluaran sebesar 720 W. Adapun jumlah portanya adalah enam. Sementara, bobotnya, kurang dari 45 kg.

Bersama perangkat radio 6T6R (6 transmit, 6 receive) ini, Ericsson juga meluncurkan Voltage Booster 6640. Ericsson mengklaim Voltage Booster 6640 bisa meningkatkan kapasitas daya ke perangkat radio, seperti Radio 6626, sampai 50% melalui kabel yang telah terpasang. Dengan kata lain, operator telekomunikasi seluler tidak perlu mengganti kabel sehingga bisa menghemat biaya, termasuk biaya instalasi. Ericsson pun menyebutkan besarannya bisa signifikan, yakni sampai 70%.