Find Us On Social Media :

130 Juta Produk UMKM Terjual di Shopee Selama Big Ramadan Sale 2021

By Adam Rizal, Senin, 10 Mei 2021 | 09:30 WIB

Ilustasi ShopeePay Big Ramadan Deals

Shopee Indonesia menjual sebanyak 130 juta produk UMKM selama masa kampanye Big Ramadan Sale 2021 yang berlangsung pada 3 April, 30 April, dan 5 Mei 2020.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan penjual serta mitra brand Shopee khususnya pelaku UMKM terus mengembangkan usaha dalam kanal online dan memanfaatkan momen Lebaran untuk meningkatkan penjualan. Apalagi, banyak masyarakat yang memilih belanja secara online untuk memenuhi kebutuhan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. "Melalui kampanye Big Ramadan Sale 2021 pada tahun ini, kami memberikan sorotan dan jangkauan yang luas khususnya pada produk-produk lokal UMKM sebagai salah satu upaya untuk mendukung roda perekonomian Indonesia," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Jumat (7/5/2021).

Handhika mengharaokan kampanye Shopee ity dapat menjadi solusi bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan, serta turut mendukung UMKM Indonesia selama bulan Ramadhan berlangsung. Big Ramadan Sale 2021 sendiri masih akan berlangsung hingga 11 Mei 2021 mendatang dengan menawarkan beragam diskon mulai dari 50 persen sampai 95 persen.

Adapun produk-produk UMKM yang laris selama bulan puasa adalah kategori souvenir, pakaian muslim, serta pakaian bayi & anak. Kategori itu juga menjadi peluang baik untuk perkembangan bisnis para penjual UMKM selama masa kampanye.

Pada kategori souvenir terjadi peningkatan penjualan lebih dari 3 kali lipat karena banyak konsumen yang membutuhkan untuk dekorasi rumah dan melengkapi keperluan pengiriman parsel Lebaran.

Lalu pada kategori fesyen, produk pasmina plisket, baju koko, dan gamis anak menjadi produk yang paling di cari oleh pengguna.

ShopeePay

Penggunaan ShopeePay pun turut meningkat hingga 90 persen pada puncak kampanye dibandingkan dengan hari biasanya. Di sisi lain, dalam kampanye terdapat program Berbagi Tanpa Batas bersama Shopee, yang mengumpulkan donasi dari para pengguna. Total sebanyak Rp 1,12 miliar zakat dan donasi terkumpul sejak awal kampanye hingga 5 Mei 2021.

Dana akan didistribusikan kepada mustahik bersama mitra lembaga seperti Baznas, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Rumah Yatim dan Nu Care Lazisnu. Selain itu bekerja sama pula dengan Rumah Zakat untuk penyaluran sebagian donasi kepada UMKM.

Chief Marketing Officer Rumah Zakat Irvan Nugraha mengatakan, kolaborasi bersama Shopee sudah terjadi sejak Ramadhan beberapa tahun lalu. Hasil donasi kali ini akan disalurkan ke pelaku UMKM di berbagai wilayah desa berdaya di 285 kota/kabupaten dari 33 provinsi di seluruh Indonesia.

"Kami berharap inisiatif baik ini dapat terus terlaksana, guna memberikan dampak positif di kemudian hari," kata Irvan.