Find Us On Social Media :

Begini Cara Mudah Gunakan Fitur Penghemat Kuota Data Google Meet

By Adam Rizal, Senin, 10 Mei 2021 | 13:30 WIB

Google Meet

Saat ini aplikasi telekonferensi seperti Google Meet menjadi tren selama masa pandemi Covid-19, menyusul layanan video conference itu bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan tatap muka, seperti rapat antar rekan kerja, hingga pembelajaran siswa.

Tentunya, penggunaan layanan video conference akan menyedot kuota data Internetnya yang besar.

Untungnya, Google Meet sekarang memiliki fitur baru bernama Limit Data Usage yang membantu pengguna untuk menghemat kuota data internet mereka.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, Anda cukup membuka menu pengaturan dengan cara mengklik tombol tiga titik yang ada di bagian pojok kiri atas lalu pilih Settings.

Nantinya, pengguna akan menemukan dua opsi pengaturan yaitu opsi pengaturan yaitu Send More Diagnostic Info dan Limit Data Usage.

Pengguna bisa memilih opsi 'Limit Data Usage' yang akan mengurangi konsumsi data internet oleh Meet dengan cara mengurangi kualitas streaming video.

Anda bisa mengaktifkan toggle 'Limit Data Usage' dengan cara menggeser toggle ke samping kanan seperti dikutip 9To5Google.

Selain menghemat pemakaian data internet, Limit Data Usage juga bisa mengirit penggunaan baterai serta sumberdaya CPU dan memori perangkat.

Fitur Limit Data Usage telah tersedia di aplikasi Google Meet versi Android. Pengguna perangkat iOS juga sudah bisa memakainya.