Find Us On Social Media :

Empat Cara Seru Bikin Momen Lebaran Tak Terlupakan a la TikTok

By Indah PM, Selasa, 11 Mei 2021 | 11:45 WIB

#StickerRamadan di TikTok

Tanpa terasa, bulan Ramadan sudah memasuki minggu terakhir. Momen ini biasanya dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga ataupun kerabat untuk berbuka bersama dan kegiatan silaturahmi lainnya.

Hanya saja, di masa pandemi seperti sekarang, protokol kesehatan wajib tetap dilakukan. Dengan berkembangnya teknologi, silaturahmi pun bisa dilakukan secara virtual.

Salah satu media yang bisa digunakan untuk bersilaturahmi adalah TikTok. Sebagai platform distribusi video singkat, pengguna bebas berkreasi membuat konten video untuk membuat lebaran kali ini menjadi momen tak terlupakan meski di tengah pandemi.

Berikut ini beberapa ide dari para kreator TikTok:

1. Konten adalah kunci Berkumpul bersama keluarga atau kerabat menjadi momen kebersamaan yang biasa diabadikan. Momen ini pun bisa tetap dilakukan secara virtual.

Kreator @farhanbashel berbagi tips untuk pose video. Pose bergaya minum teh atau berebutan kue khas Lebaran, dan gaya mengobrol santai bisa membuat konten Lebaran lebih menarik untuk diunggah.

2. Quiz time untuk dapat THR Salah satu kebiasaan Lebaran yang sering dilakukan adalah berbagi THR dengan saudara. Salah satu cara seru berbagi THR yang wajib dicoba adalah membuat kuis dengan pertanyaan seputar makanan khas Lebaran.

3. Lomba makan menu Lebaran Membuat tantangan untuk lomba makan sebanyak-banyaknya tanpa ketahuan orang rumah? Bisa lho di TikTok, tentunya secara virtual. Selama bulan Ramadan ini, ada sticker khusus Ramadan di tagar #StickerRamadan, yang bisa dimainkan dan mengajak para anggota keluarga yang lain.

4. Fesyen show bersama keluarga Barang seisi rumah bisa juga dimanfaatkan untuk membuat suatu fesyen show bersama anggota keluarga. Seperti kreativitas kreator @flutterbyyy_, yang mengajak penghuni kosannya untuk bergaya bak supermodel, dengan menggunakan properti seperti jemuran baju, galon air, hingga ember. Fashion show low budget ini bisa menjadi inspirasi yang menghibur untuk pertunjukan saat mengisi momen Lebaran nanti.

Selain empat cara seru di atas, pengguna TikTok dapat mencari inspirasi lainnya di tagar #BerbagiMakna, bagian dari #SamaSamaBerbagi, program Ramadan TikTok yang bertujuan menghadirkan pengalaman Ramadan penuh kebahagiaan dan kebersamaan dengan format video singkat.

Baca Juga: Tiktok Indonesia Luncurkan Buku Panduan untuk Tenaga Pengajar

"Di bulan Ramadan tahun ini, kami ingin menumbuhkan semangat kebersamaan dan berbagi di antara komunitas TikTok. Oleh karena, melalui program #SamaSamaBerbagi dan serangkaian challenge serta sticker di TikTok, kami ingin para pengguna bisa memanfaatkannya untuk ikut menciptakan suasana kebersamaan tersebut dengan anggota keluarga dan kerabatnya baik selama bulan puasa, ataupun di hari raya Lebaran," kata Angga Anugrah Putra (Head of Operations, TikTok Indonesia).

Program #SamaSamaBerbagi di TikTok masih berlangsung hingga 16 Mei 2021, yang akan menyuguhkan berbagai tantangan seru dan juga acara livestream untuk dinikmati bersama keluarga.