Find Us On Social Media :

Buruh Pabrik di India Terinfeksi Covid-19, Bagaimana Nasib iPhone 12?

By Adam Rizal, Selasa, 11 Mei 2021 | 13:00 WIB

Keberadaan magnet di dalam iPhone 12 ternyata bisa menimbulkan risiko bagi pengguna alat pacu jantung

Mitra rekan Apple yang memproduksi iPhone, Wistron dan Foxconn di India mengalami permasalah besar usai virus corona menyerang fasilitas mereka.

Total ada 13 karyawan terinfeksi virus covid-19. Apalagi India saat ini dihantam tsunami covid-19 yang membuat banyak nyawa melayang.

Pada Sabtu, 8 Mei 2021, ada 10 insinyur Cina yang bekerja di fasilitas Chennai Foxconn terinfeksi virus yang memaksa mereka untuk isolasi mandiri rumah sakit setempat.

Sebagai langkah pencegahan, Foxconn melakukan penyemprotan disinfektan ke setiap sudut pabrik tanpa harus menghentikan proses produksi. Jadi proses pembuatan iPhone terus berlangsung.

Sumber Taiwan News yang sama membahas pabrik Wistron di India Selatan yang telah ditutup selama lima hari setelah tiga pengelola terinfeksi. Pabrik itu terletak di Kolar, di negara bagian Karnataka.

Pada hari Sabtu, India memiliki total kasus Covid-19 tertinggi kedua yang dikonfirmasi di dunia dengan hampir 20 juta kasus yang dilaporkan dan 242.362 kematian. Satu-satunya negara yang melaporkan jumlah kasus dan kematian yang lebih tinggi adalah AS.

Jika situasi Covid di India tetap tidak terkendali, rantai pasokan Apple untuk produksinya di India akan terpengaruh oleh jam malam dan penundaan lainnya seperti dikutip Phone Arena.

Saat ini model iPhone yang diproduksi di India termasuk iPhone 12, iPhone XR dan iPhone 11. Tampaknya wabah tersebut tidak akan berdampak pada produksi iPhone Apple di India saat ini.