Find Us On Social Media :

Jangan Panik, Tak Ada Akun yang Bakal Dihapus WhatsApp Usai 15 Mei

By Adam Rizal, Selasa, 11 Mei 2021 | 15:00 WIB

Ilustrasi WhatsApp

WhatsApp memang akan menerapkan kebijakan privasi terbaru yaitu akan memberikan data penggunanya ke Facebook untuk kepentingan iklan, mulai 15 Mei mendatang.

WhatsApp pun terus mengirimkan notifikasi dan informasi soal aturan privasi terbaru. Tujuannya, WhatsApp ingin semua pengguna paham kebijakan baru tersebut dan mau menekan tombol 'setuju'.

Sebelumnya, beredar kabar bahwa pengguna yang tidak menyetujui persyaratan baru ini bakal dihapus akunnya.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena WhatsApp menegaskan tidak akan menghapus satupun akun penggunanya usai kebijakan baru 15 Mei itu berlaku.

Pengguna yang belum menyetujui aturan privasi terbaru itu juga masih bisa menggunakan WhatsApp dengan fungsi penuh pada tanggal tersebut.

"Tidak ada akun WhatsApp yang dihapus atau dibatasi fungsinya pada 15 Mei mendatang karena pembaruan (aturan privasi) ini," ujar WhatsApp dalam laman berisi daftar pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ) di situs resminya.

Usai 15 Mei, WhatsApp akan terus mengirimkan notifikasi bahwa pengguna harus menyetujui aturan privasi terbaru ini. Nah, di titik puncak tersebut, barulah pengguna yang belum juga menyetujuinya, akan kehilangan fungsi penuh WhatsApp secara perlahan.

Kehilangan Fungsi

Awalnya, pengguna akan kehilangan akses ke daftar obrolan tetapi masih bisa menjawab panggilan masuk dan video call.

"Setelah beberapa pekan dengan fungsi terbatas, Anda tidak akan bisa lagi menerima panggilan masuk atau notifikasi. WhatsApp akan berhenti meneruskan pesan dan panggilan ke ponsel Anda," imbuh WhatsApp.

Dengan kata lain, jika tidak setuju dengan perubahan kebijakan privasi WhatsApp, pengguna pelan-pelan akan dibuat tak bisa menggunakan layanan pesan instan tersebut lewat pembatasan fungsi, bukan penghapusan akun.

Kapan Dihapus?

WhatsApp baru bisa menghapus akun pengguna jika akun itu tidak aktif selama 120 hari atau tidak terhubung dengan koneksi internet dalam rentang waktu tersebut. Apabila diinginkan, pengguna juga bisa langsung menghapus sendiri akun WhatsApp miliknya tanpa menunggu rentang waktu 120 hari. Penghapusan akun secara manual bisa disimak di tautan berikut.