Find Us On Social Media :

Antisipasi Lebaran, 3 Indonesia Optimasi Kapasitas Jaringannya

By Cakrawala, Selasa, 11 Mei 2021 | 19:00 WIB

Ilustrasi 3 Indonesia.

Seperti sebelumnya, Lebaran tahun ini juga diperkirakan akan meningkatkan lalu lintas data di jaringan seluler tanah air, termasuk jaringan 3 Indonesia. Oleh karena itu, 3 Indonesia hari ini pun menyampaikan bahwa dirinya telah melakukan optimasi kapasitas dan kualitas jaringannya untuk mengantisipasi peningkatan tersebut. Tujuannya tentu saja agar pengguna 3 Indonesia senantiasa mendapatkan layanan terbaik untuk bersilaturahmi secara virtual maupun mengakses konten hiburan selama libur Lebaran.

 “Optimisasi kualitas dan kapasitas jaringan senantiasa kami lakukan untuk memberikan kenyamanan pelanggan kami menjalani Ramadan dan Idul Fitri. Kami terus mengawasi trafik yang terjadi melalui NOC (network operation center) kami yang bekerja 24/7 selama 365 hari. Dengan optimisasi yang sudah dilakukan, kapasitas jaringan 3 bisa mengatasi tambahan lonjakan trafik hingga 35%, sehingga dipastikan pelanggan bisa dengan nyaman menjalani seluruh kegiatan digital selama Ramadan dan Idul Fitri di rumah, didukung jaringan 4.5G Pro yang luas dan kuat dari 3 Indonesia,” tegas M. Danny Buldansyah (Deputy Presiden Direktur dan Chief Sales Officer 3 Indonesia).

Operator telekomunikasi seluler 3 Indonesia menyebutkan peningkatan lalu lintas data saat Lebaran biasanya disebabkan banyaknya pengguna yang berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat menggunakan aplikasi mobile messaging seperti WhatsApp, mengakses berbagai media sosial, dan mengonsumsi berbagai konten digital. Sampai minggu ketiga Ramadan, 3 Indonesia mengklaim telah mencatat kenaikan lalu lintas data pada jaringannya dalam mengakses aplikasi YouTube, Shopee, TikTok, dan Mobile Legends. Besarannya masing-masing adalah 22%, 21%, 20%, dan 19%. Kenaikan itu diprediksi pula akan terus meningkat sampai Lebaran.

Adapun optimasi kapasitas dan kualitas jaringannya disebutkan 3 Indonesia telah dilakukan di 214 POI (point of interest) di seluruh Indonesia, yakni 71 di Kalimantan dan Sumatra, 8 di Sulawesi, serta 135 di Jawa dan Bali. Selain itu, 3 Indonesia juga menambah COW (cell on wheels) yang tersebar di Pulau Jawa, yaitu Kota Bandung, Tasikmalaya, Yogyakarta, Solo, dan Surabaya. Operator telekomunikasi seluler 3 Indonesia pun menambahkan turut melakukan optimisasi di bandara, pelabuhan, stasiun bus dan kereta, jalur utama transportasi darat, tempat ibadah, rumah sakit, daerah wisata, serta area pemukiman padat penduduk di tanah air.