Find Us On Social Media :

Begini Cara Mudah Bayar Zakat dan Berdonasi Digital Lewat Jenius

By Indah PM, Rabu, 12 Mei 2021 | 12:00 WIB

Jenius dukung pembayaran zakat dan donasi secara digital.

Masyarakat digital savvy (melek digital) kini dapat dengan mudah berdonasi dan membayar zakat dari menu Tagihan (Billers) pada aplikasi Jenius, solusi finansial dari Bank BTPN.

Waasi B. Sumintardja (Digital Banking Business Product Head Bank BTPN) menjelaskan bahwa kemudahan ini dihadirkan bertepatan dengan bulan Ramadan dan Idul Fitri 1422 H.

"Jenius menghadirkan kemudahan bagi masyarakat digital savvy dalam berdonasi dan membayar zakat dengan mudah dan aman secara digital, tanpa melakukan kontak fisik. Melalui kolaborasi Jenius dengan BAZNAS, Rumah Zakat, dan Dompet Dhuafa, kami berharap masyarakat dapat semakin mudah berdonasi secara digital sehingga dapat menjangkau dan membantu lebih banyak kelompok masyarakat yang membutuhkan," tutur Waasi melalui keterangan tertulis kepada InfoKomputer, Selasa (11/5/2021).

Proses pembayaran donasi dan zakat melalui aplikasi Jenius sangat mudah. Pengguna dapat log in pada aplikasi Jenius, memilih fitur Send It, pilih Bills – Charity & Donation, lalu memilih lembaga zakat yang akan digunakan seperti BAZNAS, Rumah Zakat, dan Dompet Dhuafa. Selanjutnya pilih jenis zakat dan donasi yang akan dibayarkan, masukkan nominal zakat, pilih Pay Now, lalu melakukan konfirmasi dengan memasukkan password, dan zakat berhasil terbayar.

Baca Juga: Selama WFH Volume Transaksi dengan-Jenius Pay Melonjak 212 Persen

Pada bulan Ramadan ini, Jenius juga berkolaborasi dengan BAZNAS mengadakan program Double Donation. 

Pengguna Jenius dapat berpartisipasi pada program ini dengan berdonasi melalui menu Send It, kemudian memilih Tagihan (Billers), pilih BAZNAS, pilih Donasi, dan pada jumlah dana yang ingin didonasikan gunakan kode unik tiga digit nomor terakhir 002 (contoh Rp100.002).

Masyarakat tak perlu khawatir menggunakan Jenius, pasalnya Jenius dari Bank BTPN terdaftar dan diawasi oleh OJK, serta dijamin oleh LPS.