Ecommerce mencatatkan kenaikan transasksi produk parcel dan hampers menjelang lebaran tahun ini.
Handhika Jahja, Executive Director, Shopee Indonesia mengungkapkan ada lebih dari 130 juta produk UMKM terjual selama Peak Day Big Ramadan Sale 2021.
“Dalam menyambut bulan Ramadan di masa pandemi ini, kita masih belum dapat berkumpul bersama keluarga dan teman-teman. Sehingga muncul tren baru untuk mengirimkan mereka hampers dan souvenir sebagai tanda ucapan selamat. Sehingga, hampers dan souvenir menjadi kategori produk UMKM favorit,” kata Handhika.
Hal senada disampaikan oleh Ekhel Chandra Wijaya selaku External Communications Senior Lead Tokopedia mengatakan masyarakat sangat antusias berbelanja online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Adapun subkategori parsel makanan, perlengkapan ibadah dan jilbab menjadi beberapa kategori di Tokopedia dengan peningkatan transaksi tertinggi selama bulan Ramadan tahun ini jika dibandingkan dengan bulan sebelum Ramadan.
“Penjualan subkategori Jilbab, misalnya, meningkat hampir 2 kali lipat. Di sisi lain, transaksi subkategori Perlengkapan Ibadah meningkat lebih dari 2 kali lipat. Sedangkan transaksi subkategori Parsel Makanan melonjak hampir 5 kali lipat,” ungkap Ekhel.
Untuk mengantisipasi membludaknya pesanan jelang libur lebaran Tokopedia dan Shopee melakukan sejumlah langkah.
“Bersama dengan seluruh mitra jasa kirim Shopee, kami akan melakukan forecasting atau memetakan perkiraan transaksi dengan lebih baik lagi untuk memastikan kapasitas pengiriman dapat memadai,” kata Handhika.