Find Us On Social Media :

Melunak, AS Bakal Keluarkan Xiaomi dari Daftar Hitam Perdagangan

By Adam Rizal, Sabtu, 15 Mei 2021 | 13:00 WIB

Xiaomi

Akhirnya Xiaomi Corp bisa berbisnis dengan tenang dengan mitra usaha AS karena Departemen Pertahanan AS bakal menghapus Xiaomi dari daftar hitam pemerintah.

Berdasarkan informasi berkas pengadilan, pemerintah AS dan Xiaomi telah mencapai kata sepakat untuk menyelesaikan proses pengadilan dan ketegangan di antara keduanya.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, Emily Horne menyatakan pemerintahan Presiden Joe Biden prihatin dengan prospek cerah investasi di AS yang dinodai dengan perusahaan yang berkaitan dengan militer China.

"Presiden berkomitmen penuh untuk menekan perusahaan seperti itu (yang berhubungan dengan militer China)," katanya seperti dikutip Reuters.

Sementara itu, juru bicara Xiaomi menyatakan mereka memantau perkembangan terkini, tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut. Juru bicara Departemen Kehakiman dan Departemen Pertahanan AS tidak memberikan pernyataan atas kasus tersebut.

Pemerintah AS, saat masih dipimpin Presiden Donald Trump, menaruh Xiaomi di daftar hitam karena menduga perusahaan tersebut berafiliasi dengan militer China. Ada Tujuh perusahaan asal China lainnya juga masuk dalam daftar hitam AS.

Xiaomi membalas tuduhan tersebut ke pengadilan, menyatakan bahwa yang dilakukan AS melanggar hukum dan inkonstitusional serta membantah afiliasi dengan militer China.