Find Us On Social Media :

Seagate Umumkan One Touch SSD, SSD Portabel Baru Berkecepatan Tinggi

By Cakrawala, Senin, 17 Mei 2021 | 10:00 WIB

Seagate One Touch SSD.

Seagate belum lama ini mengumumkan SSD portabel barunya di dunia. Dinamakan One Touch SSD, SSD portabel baru dari Seagate tersebut diklaim menawarkan kecepatan transfer data sampai melebihi 1.000 MB/s. Kecepatan melebihi 1.000 MB/s tentunya merupakan kecepatan yang tinggi untuk media simpan portabel, apalagi bila dibandingkan HDD portabel atau HDD eksternal. Bahkan, bila dibandingkan media simpan internal SATA 6 Gbps, baik SSD maupun HDD, kecepatan tersebut lebih tinggi. Seagate menyebutkan One Touch SSD ditujukan untuk yang membutuhkan atau menginginkan media simpan portabel berkinerja ala media simpan NVMe, seperti halnya kreator konten maupun technology enthusiast.

Agar kecepatan transfer data sampai melebihi 1.000 MB/s bisa dicapai, Seagate One Touch SSD tentu menggunakan antarmuka USB 3.2 Gen 2 atau lebih tinggi. Seagate sendiri mengklaim One Touch SSD menawarkan kecepatan transfer data sampai 1.030 MB/s. Adapun USB 3.2 Gen 2 secara teoritis menawarkan kecepatan transfer maksimal sekitar 1,21 GB/s. Alhasil, USB 3.2 Gen 2 sewajarnya sudah memadai untuk SSD portabel baru ini. Seagate pun menegaskan bahwa One Touch SSD memang menggunakan antarmuka USB 3.2 Gen 2.

Sementara, untuk kapasitasnya, Seagate menyebutkan One Touch SSD memiliki pilihan berupa 500 GB, 1 TB, dan 2 TB. Tak hanya gegas dan memiliki pilihan kapasitas yang besar, Seagate menambahkan bahwa One Touch SSD hadir gaya alias stylish. Seagate menghadirkan One Touch SSD dengan kover atas aluminium dan kain lembut pada sisi sampingnya. Pilihan warnanya sendiri ada tiga, yakni hitam, perak, dan biru. Sebagai SSD, Seagate juga mengklaim One Touch SSD tahan guncangan dan tidak akan rusak meski jatuh dari ketinggian dua meter.

Secara default menggunakan format exFAT, Seagate One Touch SSD kompatibel dengan Windows, Mac, dan juga Android. Adapun harganya, Seagate One Touch SSD 500 GB ditawarkan dengan US$94,99, Seagate One Touch SSD 1 TB dengan US$169,99, dan Seagate One Touch SSD 2 TB dengan US$309,99. Ketersediannya sendiri ditargetkan bulan ini. Namun, khusus Indonesia, belum tersedia informasi lebih lanjut.