Find Us On Social Media :

TrendForce: Pengapalan Monitor Mengalami Pertumbuhan Tinggi Tahun Lalu

By Cakrawala, Senin, 17 Mei 2021 | 21:55 WIB

Ilustrasi monitor.

TrendForce minggu lalu menyampaikan hasil studinya sehubungan pengapalan monitor di dunia untuk tahun 2020. Menurut studi TrendForce, pengapalan monitor secara global mengalami pertumbuhan yang tinggi tahun lalu, tertinggi dalam sekitar sepuluh tahun terakhir. Penyebabnya tentu saja adalah pandemi COVID-19 yang menyebabkan banyak orang di dunia yang bekerja dan belajar dari rumah; mereka butuh perangkat untuk bekerja maupun belajar dari rumah, termasuk monitor untuk displainya. TrendForce pun meyakini efek bersangkutan masih diarasakan pada tahun 2021. TrendForce memperkirakan pengapalan monitor di dunia untuk tahun 2021 juga akan bertumbuh tinggi.

Berdasarkan studi yang dilakukannya, TrendForce menyebutkan pengapalan monitor secara global pada tahun lalu mengalami pertumbuhan sebesar 8,6% dibandingkan tahun 2019. Adapun jumlah monitor yang dikapalkan di dunia pada tahun 2020 itu mencapai 140 juta unit. Sementara, untuk pengapalan monitor secara global pada tahun ini, TrendForce memprediksikan akan mengalami pertumbuhan sekitar 7,3% dibandingkan tahun lalu. TrendForce memperkirakan jumlah monitor yang dikapalkan di dunia pada tahun 2021 akan mencapai sekitar 150 juta unit.

Namun, studi TrendForce juga menemukan bahwa suplai dari panel dan komponen kunci lainnya dari monitor belum bisa memenuhi permintaan sejak beberapa lama. Alhasil, menghambat pertumbuhan pengapalan monitor di dunia, khususnya pada semester pertama 2021 ini. Padahal, pada kuartal pertama 2021, TrendForce menyebutkan pertumbuhan pengapalan monitor secara global bertumbuh 34,1% dibandingkan kuartal yang sama tahun 2020. TrendForce menambahkan pula harga panel telah meningkat hampir selama sembilan bulan terakhir.

Adapun produsen monitor yang termasuk dalam sepuluh besar di dunia yang diprediksikan TrendForce akan mengalami pertumbuhan tertinggi pada 2021 adalah Samsung dan ASUS. TrendForce memprediksikan pengapalan monitor Samsung di dunia pada tahun ini akan bertumbuh sekitar 20% dibandingkan tahun lalu dan merupakan yang tertinggi. Sementara, ASUS, TrendForce memperkirakan pengapalan monitornya secara global pada tahun 2021 akan bertumbuh lebih dari 10% dibadingkan tahun 2020.