Find Us On Social Media :

Bersama Huawei Indonesia, 3 Indonesia Resmikan DNOC-nya di Jakarta

By Cakrawala, Selasa, 18 Mei 2021 | 19:00 WIB

Ilustrasi DNOC (Digital Network Operation Center) 3 Indonesia yang dibangun berkolaborasi dengan Huawei Indonesia.

Operator telekomunikasi seluler 3 Indonesia hari ini mengumumkan telah meresmikan DNOC (digital network operation center) -nya di Jakarta. Dibangun berkolaborasi dengan Huawei Indonesia, DNOC baru tersebut diklaim dirancang dengan standar keandalan tertinggi untuk memastikan pengoperasian jaringan 3 Indonesia senantiasa tanpa gangguan; selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 365/366 hari setahun. Operator telekomunikasi seluler 3 Indonesia menegaskan DNOC itu dilengkapi dengan sistem catu daya redundant sehingga tetap bisa beroperasi meskipun terjadi ganggunan listrik.

“Selama dua tahun terakhir, jumlah sites 4G kami di seluruh Indonesia telah tumbuh hampir dua kali lipat. Menjadikannya sebagai jaringan seluler 4G terbesar ketiga di Indonesia. Digital Network Operation Center yang baru memungkinkan kami untuk meningkatkan pengelolaan jaringan dan membuka jalan bagi konektivitas 5G. Hal ini merupakan bukti komitmen kuat kami untuk terus menghadirkan jaringan yang sangat andal bagi para pelanggan kami, agar mereka mendapatkan pengalaman terbaik kapan pun dan di mana pun saat menikmati kehidupan digital mereka.” ujar Cliff Woo (Presiden Direktur Hutchison 3 Indonesia).

“Digital NOC yang baru akan meningkatkan kualitas dan efisiensi operasional jaringan bagi 3 Indonesia. Pusat operasi ini meningkatkan ruang kontrol jaringan dengan teknologi dan fasilitas komunikasi mutakhir, termasuk pusat komando untuk keadaan darurat dan kontrol akses mutakhir, serta fitur keamanan bagi personel untuk memasuki area operasi,” sebut Jacky Chen (CEO Huawei Indonesia).

Selain sistem catu daya redundant, 3 Indonesia memang mengklaim DNOC barunya didukung dengan AI (artificial intelligence) mutakhir, utamanya ML (machine learning) mutakhir, untuk memonitor, mengontrol, dan mengoperasikan jaringan 3 Indonesia. Adapun jaringan 3 Indonesia yang dimonitor, dkontrol, dan dioperasikan memanfaatkan AI ini mencakup jaringan di Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi.

Begitu pula dengan AR (augmented reality) yang bisa digunakan untuk meningkatkan efisiensi suatu tindakan. Operator telekomunikasi seluler 3 Indonesia menyebutkan kehadiran AR memungkinkan efisiensi yang lebih baik dari pengoperasian dan pemeliharaan jaringan 3 Indonesia, termasuk saat pemulihan jaringan pascabencana.