Find Us On Social Media :

Begini Cara Hemat Kuota Google Meet dan Zoom untuk Lebaran Virtual

By Adam Rizal, Rabu, 19 Mei 2021 | 15:00 WIB

Google Meet

Saat ini banyak masyarakat yang menggunakan aplikasi konferensi video Whatsapp, Google Meet, Skype, Facetime, Slack, Zoom, hingga Cisco Webex untuk silaturahmi lebaran virtual, mengingat saat ini Indonesia masih berjuang melawan pandemi corona.

Ternyata, Zoom paling irit data dengan kebutuhan bandwidth sekitar 700 Kbps. Kemudian Skype, Hangouts, dan Webex menyusul setelahnya secara berturut-turut. Kebutuhan bandwidth Skype sekitar 977 Kbps, Hangouts 1.100 Kbps, sedangkan Webex 1.700 Kbps.

Berikut beberapa tips untuk menghemat kuota Google Meet dan cara menghemat kuota Zoom berikut ini:

Google Meet

Fitur menghemat kuota Google Meet kini telah tersedia. Caranya, pengguna harus meng-update aplikasi ke versi terbaru.

Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Pertama, buka aplikasi Google Meet yang telah diperbarui, lalu masuk ke menu setting

2. Kemudian aktifkan fitur Limit Data Usage dengan mengusap toggle ke samping kanan.

3. Fitur Limit Data Usage juga dapat digunakan untuk menghemat daya baterai, sumber daya CPU, dan memori perangkat. Sementara jika Anda ingin meningkatkan kualitas video, Anda dapat mematikan fitur tersebut.

Zoom

1. Pertama, matikan kualitas video HD dengan cara klik menu "Settings" atau Pengaturan. Lalu pilih opsi "Video" yang berada di sebelah kiri menu Pengaturan. Pada bagian "My Video", non aktifkan centang pada kolom opsi "Enable HD".

2. Selanjutnya, gunakan fitur Share Screen hanya jika dibutuhkan saja.

3. Hindari penggunaan data lainnya saat mengaktifkan Zoom. Anda juga sebaiknya tidak menjalankan aplikasi lain seperti streaming video, streaming musik, game online, atau meng-upload dan download file besar selama halal bi halal online sedang berlangsung.