Find Us On Social Media :

Western Digital Umumkan WD Purple Pro untuk Beban Kerja Lebih Berat

By Cakrawala, Jumat, 21 Mei 2021 | 10:00 WIB

Western Digital mengumumkan lini HDD barunya, WD Purple Pro, yang ditujukan untuk beban kerja lebih berat dari WD Purple.

Western Digital, populer disingkat dengan WD, belum lama ini mengumumkan lini HDD barunya, WD Purple ProWD Purple Pro ini melengkapi lini HDD WD Purple yang telah ditawarkan sejak lama. Mengusung kata "Pro", WD Purple Pro menawarkan peningkatan dibandingkan WD Purple. Peningkatan yang hadir pada WD Purple Pro diklaim membuatnya cocok untuk beban kerja yang lebih berat. Adapun WD Purple yang dimaksud di sini, juga WD Purple Pro, merupakan HDD yang ditujukan Western Digital untuk dipasangkan pada sistem pengawasan alias surveillance. Dengan kata lain, WD Purple dan WD Purple Pro ditujukan untuk menyimpan aliran data video hasil tangkapan kamera secara terus-menerus. Selain HDD, terdapat pula lini micro-SD WD Purple.

“Kehadiran WD Purple Pro melengkapi portofolio produk video pintar kami yang mampu memenuhi beragam kebutuhan pelanggan, mulai dari kartu microSD WD Purple khusus untuk kamera sampai hard drive WD Purple untuk NVR mainstream dan generasi baru arsitektur video pintar, di mana solusi 'pintar'-nya dimulai pada bagian backend — server yang dapat melakukan analitik video dan deep learning yang merupakan komputasi berat. Karena itu, WD Purple Pro adalah solusi ideal yang memungkinkan produsen dan integrator peralatan asli untuk mengembangkan sistem mereka dalam menangani beban kerja AI yang makin meningkat," kata Brian Mallari (Director of Marketing for Smart Video, Western Digital).

Terdapat dua peningkatan paling menonjol yang ditawarkan WD Purple Pro terhadap WD Purple, utamanya WD Purple dengan kapasitas 8 TB ke atas. Kedua peningkatan itu adalah annualized workload rating yang lebih tinggi dan garansi yang lebih lama. Western Digital mengklaim WD Purple Pro memiliki annualized workload rating sebesar 550 TB dan garansi lima tahun. Sementara, untuk WD Purple, Western Digital mengklaim memiliki annualized workload rating sebesar 360 TB dan garansi tiga tahun. Seperti telah disebutkan, kedua peningkatan tersebut membuat WD Purple Pro cocok untuk beban kerja yang lebih berat seperti server backend perusahaan.

“WD Purple Pro baru dari Western Digital merupakan solusi berkapasitas tinggi yang siap untuk AI. WD Purple Pro menawarkan kinerja optimal untuk beban kerja dengan jumlah data besar dan menyediakan keandalan yang diperlukan pelanggan kami untuk menyimpan data penting mereka,” kata Dave Nieweg (Community Program Manager, Milestone Systems). "Kehadiran solusi penyimpanan terpercaya dari kamera di endpoint sampai cloud sangatlah penting. Kami sangat membutuhkannya untuk memberikan akses yang lebih aman ke gedung atau sekolah, memantau pasien, ataupun merekam dan menganalisis keamanan serta efisiensi data parkir dan transportasi di smart city,” tambahnya.

WD Purple Pro hadir dengan kapasitas 8 TB, 10 TB, 12 TB, 14 TB, dan 18 TB. Fitur-fitur yang hadir pada WD Purple berkapasitas 8 TB ke atas seperti AllFrame AI dan WDDA (Western Digital Device Analytics) tentunya juga hadir pada WD Purple Pro ini. Western Digital menyebutkan AllFrame AI memungkinkan perekaman stream video sampai 64 kamera HD serta penanganan sampai 32 stream AI (artificial intelligence) untuk fungsi AI secara sekaligus; semuanya dilakukan secara bersamaan. Sementara, seperti namanya, WDDA memudahkan pemantauan dan manajemen.

Western Digital sendiri menargetkan ketersediaan WD Purple Pro mulai kuartal ini di dunia. Tidak tersedia informasi lebih lanjut mengenai kertersediannya secara spesifik di Indonesia dan harganya.