Find Us On Social Media :

Nih, Cara Dapatkan Centang Verifikasi Akun Resmi di Telegram

By Liana Threestayanti, Rabu, 19 Mei 2021 | 22:35 WIB

Ilustrasi Aplikasi Telegram

Semakin populer, Telegram membagikan cara mendapatkan centang verifikasi akun resmi demi interaksi yang aman di antara pengguna. 

Popularitas Telegram terus menanjak. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pengguna aktif yang mencapai 500 juta user per bulan dan 54,2 juta pengguna aktir harian (data Januari 2021). Pertambahan sebanyak 300 juta user terjadi dalam tiga tahun terakhir. 

Prestasi Telegram ini telah membawanya menjadi platform komunikasi pilihan untuk beragam jenis akun resmi di aplikasinya. Oleh karena itu, Telegram menegaskan bahwa pihaknya terus memastikan verifikasi akun resmi aktif dalam bentuk saluran, grup publik, atau bot guna memastikan pengguna berinteraksi dengan akun yang resmi.

Telegram memverifikasi akun resmi dengan cara mengonfirmasi bahwa akun tersebut telah memverifikasi akunnya pada, setidaknya, dua platform lain, seperti TikTok, Instagram, Facebook, YouTube, Twitter, VK, dan Snapchat. 

Akun resmi perlu menambahkan tautan profil saluran Telegram mereka di platform ini, sehingga tim Telegram dapat mengonfirmasi bahwa akun tersebut dimiliki oleh pemilik yang sama. Setelah itu, pemilik akun perlu menghubungi Telegram @VerifyBot untuk verifikasi.

Bagi pengguna yang belum memiliki akun terverifikasi di dua platform lainnya, Telegram dapat memverifikasi akun resmi melalui Wikipedia. Jika pengguna memiliki halaman tidak sedang disanggah di Wikipedia, yang memenuhi Panduan Notabilitas Wikipedia - dan halaman tersebut mencantumkan tautan ke saluran, bot, atau grup publik di Telegram – maka dapat dihitung sebagai salah satu akun terverifikasi dari dua yang diperlukan.

Untuk organisasi, tautan ke saluran Telegram dari situs web resmi organisasi juga dapat dipertimbangkan. Bot akan menawarkan pilihan untuk memasukan data dan komentar tambahan setelah memeriksa tautan media sosial.

Setelah mengikuti langkah-langkah verifikasi halaman, maka saluran, grup, atau bot yang berhasil diverifikasi akan menerima badge verifikasi berupa tanda centang di sebelah nama akun untuk membedakannya secara visual dari akun tidak resmi lainnya.

Harus diingat bahwa penyuntingan nama halaman tidak dapat dilakukan setelah diverifikasi. Saluran, grup, atau bot yang telah terverifikasi tidak dapat mengubah nama atau tautan pendeknya (t.me/…). 

Namun membutuhkan perubahan, pemilik akun dapat menghapus status verifikasi terlebih dahulu dengan menghubungi @VerifyBot dan mengirimkan/membatalkan verifikasi akun dan melakukan verifikasi ulang menggunakan bot seperti langkah-langkah di awal.

Verifikasi ini diterapkan Telegram guna memastikan interaksi yang aman antara pengguna dan akun-akun resmi. Verifikasi ini pun menjadi cara untuk menunjukkan bahwa pengguna berinteraksi dengan saluran, grup, atau bot yang resmi yang dapat dipercaya oleh pengguna.