Find Us On Social Media :

Google Resmi Luncurkan Android 12, Ini Fitur-fitur Terbarunya

By Adam Rizal, Kamis, 20 Mei 2021 | 09:30 WIB

Tampilan Android 12 yang sudah bisa diupdate oleh deretan seri HP Google Pixel.

Google resmi memperkenalkan sistem operasi terbarunya Android 12 versi beta preview dalam ajang tahunan Google I/O secara online.

Tentunya, sistem operasi Android 12 menawarkan sejumlah pembaruan dari sisi desain dan fitur.

Berikut fitur-fitur terbaru Android 12 seperti dikutip Android Authority:

1. Material You

Desain Android 12 mengalami perubahan visual terbesar dalam beberapa tahun belakangan karena Android 12 hadir dengan bahasa desain baru yaitu 'Material You'. Desain Android 12 lebih minimalis dengan pilihan warna yang lebih bervariasi.

Nantinya, ketika pengguna memilih salah satu wallpaper, maka sistem akan menyesuaikan warna panel secara otomatis sesuai dengan warna yang dominan pada wallpaper yang dipilih.

2. Panel baru

Android 12 menghadirkan menu tampilan baru Quick Tiles. Ketika pengguna, menggulirkan bilah notifikasi ke bawah, pengguna akan menemui deretan menu berbentuk kotak, bukan bentuk bulat seperti pada Android 11. Di menu pull-down, area notifikasi juga tak lagi transparan, diganti dengan warna solid. Tentu, warna yang ditampilkan tergantung dengan tema yang diterapkan oleh pengguna.

3. Fitur privasi

Google menyematkan sejumlah fitur privasi baru ke dalam aplikasi untuk memberi pengguna lebih banyak transparansi dan kontrol terhadap data pribadi mereka. Ada pula fitur Privacy Dashboard yang memungkinkan pengguna dapat melihat informasi tentang berapa banyak aplikasi yang mengakses lokasi, kamera, dan mikrofon dalam 24 jam terakhir.

Fitur ini juga menawarkan opsi untuk memberikan izin sementara atau menolak izin aplikasi yang ingin mengakses data tertentu pada ponsel.

4. Desain notifikasi baru

Andoid 12 menawarkan perubahan desain notifikasi sehingga lebih terlihat lebih modern dan fungsional. Google turut meningkatkan kinerja Android 12 untuk membuat perangkat jadi lebih responsif. Pengguna bisa langsung masuk ke dalam aplikasi ketik mengetuk notifikasi yang muncul.

5. Berbagi koneksi WiFi lebih mudah

Sebelumnya, jika ingin membagikan koneksi WiFi dengan orang lain, Anda harus membuat kode QR terlebih dahulu. Pada Android 12, Anda cukup menekan opsi "Nearby" untuk memunculkan kode QR tersebut secara langsung. Dengan demikian, Anda bisa mengirimkan kredensial WiFi kepada siapa pun yang Anda pilih.

6. Mode satu tangan

Android 12 juga menyertakan perubahan desain antarmuka untuk memudahkan pengoperasian ponsel Android dengan satu tangan (One-handed mode). Pada one-handed mode ini, antarmuka Android 12 akan mengecil secara vertikal ke bagian bawah layar ponsel. Jika ingin kembali ke mode normal, pengguna tinggal mengusap (swipe) ke atas atau mengetuk bidang kosong di atas bilah one-handed mode yang sedang berjalan.