Find Us On Social Media :

Begini Cara Menghapus Banyak Komentar Negatif Sekaligus di Instagram

By Adam Rizal, Jumat, 21 Mei 2021 | 13:00 WIB

Ilustrasi Pengguna Media Sosial Instagram.

Instagram menghadirkan fitur terbaru yang memungkinkan pengguna menghapus banyak komentar memblokir beberapa akun sekaligus dan membantu pengguna yang sering menerima banyak komentar negatif.

Kehadiran fitur itu juga menciptakan lingkungan yang positif dan mencegah perundungan daring (online bullying). Fitur baru itu memungkinkan pengguna menghapus hingga 25 komentar sekaligus.

"Kami tahu rasanya sangat berat untuk mengelola serbuan komentar negatif. Kami telah menguji fitur untuk menghapus komentar secara massal, serta memblokir atau membatasi beberapa akun yang memposting komentar negatif," tulis Instagram di blog resminya.

Begini cara menghapus komentar secara massal atau memblokir beberapa akun pengguna sekaligus:

Cara menggunakan di iOS

Berikut cara menghapus banyak komentar sekaligus di aplikasi Instagram di iOS.

1. Buka aplikasi Instagram2. Pilih postingan di profil Anda yang komentarnya ingin dihapus3. Klik kolom komentar di postingan tersebut4. Klik titik tiga di pojok kanan atas5. Pilih opsi "manage comments"6. Pilih maksimal 25 komentar yang ingin dihapus dari kolom komentar7. Klik "delete" di pojok kiri bawa layar8. Lalu klik opsi "delete comments" pada prompt konfirmasi

Untuk memblokir beberapa akun sekaligus, pengguna hanya perlu melakukan langkah yang sama. Bedanya, pengguna perlu mengklik "more options" di samping opsi "delete". Lalu pengguna bisa memilih untuk memblokir (block) atau membatasi (restrict) akun-akun pengguna yang sudah dipilih.

Cara menggunakan di Android

Berikut cara menghapus banyak komentar sekaligus di aplikasi Instagram di Andoid.

1. Buka aplikasi Instagram2. Pilih postingan di profil Anda yang komentarnya ingin dihapus3. Klik kolom komentar di postingan tersebut4. Pilih dan tekan komentar yang ingin dihapus5. Klik ikon "tempat sampah" di atas layar6. Komentar akan otomatis terhapus dari kolom komentar7. Cara menghapus komentar massal di Instagram.8. Setelah dihapus, Instagram masih menyediakan opsi "undo" untuk membatalkan penghapusan komentar yang baru dilakukan. Bila pengguna mengklik opsi "undo" ini, maka komentar yang baru terhapus akan kembali muncul di kolom komentar.

Untuk memblokir beberapa akun sekaligus, pengguna tinggal mengulangi cara di atas. Bedanya, kali ini pengguna harus memilih ikon berbentuk profil yang tercoret, lalu pilih opsi "restrict accounts".

Di aplikasinya sendiri, Intagram memberikan keterangan bahwa, fitur "restricted accounts" dapat digunakan untuk membatasi interaksi dengan akun tertentu, tanpa harus memblokir atau meng-unfollow akun tersebut.