LaLiga dan Microsoft belum lama ini mengumumkan perluasan kolaborasi antara keduanya yang berfokus pada transformasi digital olahraga, termasuk sepak bola, secara global. Microsoft menyebutkan akan membantu mengembangkan solusi baru dan memanfaatkan solusi yang sudah ada untuk mendorong inovasi pada seluruh industri olahraga. Sementara, LaLiga menyebutkan akan menggunakan Microsoft Azure, termasuk AI (artificial intelligence), untuk platform OTT (over-the-top) LaLigaSportsTV dan platform Mediacoach (visualisasi dan statistik pertandingan) demi menciptakan kembali pengalaman dan format audio visual interaktif.
Selain itu, pada pengumuman yang dilakukan di Spanyol tersebut, LaLiga dan Microsoft juga menyampaikan akan bekerja sama dalam mengembangkan solusi teknologi untuk industri media dan hiburan. Solusi teknologi tersebut akan dihantarkan melalui layanan teknologi LaLiga, yakni LaLiga Tech.
“Kami menghargai Microsoft sebagai mitra inovasi dan teknologi kami dan kami sangat mengapresiasi bagaimana mereka serius berkolaborasi untuk membangun solusi inovatif yang bertujuan untuk memecahkan tantangan bisnis khusus untuk industri kami,” ujar Javier Tebas (President of LaLiga). "Kami bergerak ke dalam suatu era yang teknologi akan menjadi pusat dari pengalaman penggemar dan insight dari data akan menenagai pertumbuhan global berikutnya," tambah Javier Tebas.
“Kami sangat senang untuk memperluas kemitraan kami bersama LaLiga karena kemitraan ini membuat mereka bisa memperkuat interaksi dan keterlibatan dengan ratusan juta penggemar mereka, sambil membawa model bisnis baru ke pasar dengan kemampuan yang diberikan oleh cloud dan AI Microsoft,” kata Jean-Phillippe Curtois (EVP dan President Global Sales, Marketing & Operations, Microsoft Corp). “Microsoft sangat bangga untuk membantu mempercepat inovasi digital LaLiga dan memberdayakan peluang bisnis baru yang menarik dalam industri olahraga dan hiburan melalui portofolio teknologi LaLiga,” sebutnya lagi.
Sebagai mitra Global dalam teknologi dan inovasi LaLiga, seperti telah disebutkan, Microsoft akan mendorong inovasi. Selain itu, inovasi yang ditawarkannya juga untuk berbagai stakeholder seperti penggemar, pemegang hak siar, dan manajer tempat acara. Berikut beberapa inovasi yang dijanjikan oleh Microsoft.
Untuk Penggemar Olahraga
Azure Event Hubs, Azure Data Lake, Azure Databricks, dan Azure Machine Learning akan memberikan penyempurnaan data statistik dalam siaran pertandingan dan pilihan OTT streaming yang dipersonalisasi seperti pemilihan sudut kamera dalam pertandingan. LaLiga akan menawarkan pengalaman baru seperti AR (augmented reality), VR (virtual reality), dan 3-D replay.
Untuk Pemegang Hak Siar, Penyiar, dan Mitra Komersial
Azure, Dynamics 365, Power BI, SQL Database dan Azure Cosmos DB, serta Azure Machine Learning akan membuat platform OTT streaming dapat menampilkan rekomendasi yang dipersonalisasi serta pengalaman pengguna yang lebih baik lagi berkat konten, gim, dan layanan yang relevan.
Untuk Manajer Tempat Acara
Power BI dan Azure akan menyederhanakan operasional stadion melalui inovasi dalam keamanan, serta akan memanfaatkan 5G untuk pengalaman lebih baik di dalam stadion.
Inovasi yang hadir dari kolaborasi LaLiga dan Microsoft itu akan pula dikemas LaLiga melalui LaLiga Tech untuk ditawarkan ke pihak lain sebagai penawaran komersial untuk industri olahraga. Hal bersangkutan diyakini LaLiga akan membantunya melakukan perluasan ke suatu era baru dalam olahraga dan meningkatkan pengalaman penggemar olahraga.