Find Us On Social Media :

Marvell Kenalkan SSD Controller Baru, Bravera SC5, untuk Cloud

By Cakrawala, Minggu, 30 Mei 2021 | 10:00 WIB

Marvell Bravera SC5.

Marvell baru saja memperkenalkan lini baru SSD controller-nya yang disebut dengan Bravera SC5 di dunia. Marvell Bravera SC5 mendukung antarmuka PCI Express 5.0 dan diklaim sebagai yang pertama di industri. PCI Express 5.0 sendiri menawarkan bandwidth teoritis yang dua kalinya PCI Express 4.0 yang mulai banyak digunakan. Alhasil, Marvell Bravera SC5 memungkinkan SSD dengan kecepatan yang lebih tinggi lagi dari yang tersedia saat sekarang.

Adapun Bravera SC5 ditujukan Marvell untuk pusat data, utamanya yang menenagai layanan cloud. Meskipun, saat ini prosesor untuk server dari Intel dan AMD belum mendukung PCI Express 5.0, prosesor server generasi berikutnya dari Intel telah dikonfirmasi mendukung PCI Express 5.0. Sementara, prosesor server generasi berikutnya dari AMD kabarnya juga akan mendukung PCI Express 5.0.

“Lini SSD controller Bravera SC5 adalah yang pertama dipasarkan dengan aneka fitur pusat data yang inovatif yang memperpanjang kepemimpinan teknologi media simpan flash Marvell,” ujar Thad Omura (Vice President of Marketing, Flash Business Unit, Marvell).”Kami berkerja dengan seluruh ekosistem untuk membolehkan para vendor SSD dan penyedia layanan cloud yang do-it-yourself untuk men-deploy berbagai solusi media simpan flash yang paling maju,” tambahnya.

Marvell pun menegaskan bahwa Bravera SC5 membolehkan kecepatan sekuensial sampai 14 GB/s dan kecepatan acak (random) sampai 2.000.000 IOPS. Selain itu, Marvell menambahkan bahwa Bravera SC5 merupakan SSD controller pertama di dunia yang bisa untuk EDSFF (Enterprise and Data Center SSD Form Factor) E1.S dengan antarmuka NAND yang memiliki 16 kanal. Dibandingkan yang 8 kanal, Marvell Bravera SC5 memungkinkan kinerja yang dua kali lipatnya. Namun, terdapat juga varian Marvell Bravera SC5 yang mendukung sampai 8 kanal saja.

Tak hanya antarmuka fisik PCI Express 5.0 x4, Marvell Bravera SC5 juga mendukung antarmuka logical NVMe 1.4b. Ditujukan untuk pusat data, Marvell Bravera SC5 dilengkapi pula dengan aneka fitur lain seperti Elastic SLA Enforcer, dukungan ragam model penggunaan tanpa perlu mengganti peranti keras, serta root of trust yang FIPS compliant.

Saat ini, Marvell Bravera SC5 sedang di-sampling kepada beberapa konsumen Marvell tertentu. Marvell tidak menyebutkan secara spesifik ketersediaan Bravera SC5 di pasar dunia secara massal.