Find Us On Social Media :

IC Insights: Intel Tetap Menjadi Pemimpin Penjualan Semikonduktor

By Cakrawala, Minggu, 30 Mei 2021 | 13:00 WIB

Ilustrasi semikonduktor.

 

IC Insights baru-baru ini menyampaikan perihal penjualan semikonduktor di dunia, tepatnya lima belas perusahaan dengan nilai penjulan semikonduktor tertinggi di dunia, untuk kuartal pertama 2021. Meski mengalami penurunan nilai penjualan dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu, Intel tetap menjadi pemimpin dalam penjualan semikonduktor di dunia untuk kuartal bersangkutan. Secara keseluruhan kelima belas perusahaan tersebut mengalami peningkatan nilai penjualan semikonduktor sekitar 21% pada kuartal pertama 2021 dibandingkan kuartal pertama 2020. AMD sendiri yang menjadi faktor penurunan nilai penjualan semikonduktor Intel berada pada urutan ke-11 pada kuartal pertama 2021. Sebelumnya, pada kuartal pertama tahun 2020, AMD berada pada urutan ke-18.

Kelima belas perusahaan dengan nilai penjualan semikonduktor tertinggi pada kuartal pertama 2021 tersebut mencakup perusahaan yang fabless (tidak memiliki pabrik pembuatan semikonduktor, lebih ke mendesain produk semikonduktor seperti prosesor), perusahan yang merupakan pure-play foundry (memiliki pabrik pembuatan semikonduktor, tidak mendesain produk semikonduktor), dan perusahaan yang melakukan keduanya (memiliki pabrik pembuatan semikonduktor dan mendesain produk semikonduktor). Adapun semikonduktor yang dimaksud IC Insights adalah IC (integrated circuit), optoelectronic, sensor, dan discrete.

Dari kelima belas perusahaan yang masuk daftar, hanya Intel yang mengalami penurunan nilai penjualan semikonduktor pada kuartal pertama 2021 dibandingkan kuartal pertama 2020. Keempat belas perusahaan lainnya mengalami peningkatan nilai penjualan semikonduktor. Samsung yang berada pada urutan kedua bertumbuh sebesar 15%, tetapi belum bisa mengejar Intel. Sementara, pertumbuhan tertinggi dialami oleh AMD dan MediaTek, masing-masing sektiar 93% dan 90%. MediaTek juga sebelum tidak masuk dalam lima belas besar, hanya berada pada urutan ke-16. Pada kuartal pertama yang baru lewat, MediaTek berada pada urutan ke-10.

Secara keselurahan, Kelima belas perusahaan dengan nilai penjualan semikonduktor tertinggi pada kuartal pertama 2021 mencatatkan nilai penjualan sekitar US$101,9 miliar. Intel sendiri sebagai pemimpin mencatatkan nilai penjualan sekitar US$18,7 miliar. Lebih lengkapnya mengenai lima belas perusahaan dengan nilai penjulan semikonduktor tertinggi di dunia pada kuartal pertama 2021 bisa dilihat pada Tabel 1.

Tabel 1. Lima Belas Perusahaan dengan Nilai Penjulan Semikonduktor Tertinggi di Dunia pada Kuartal Pertama 2021.