Find Us On Social Media :

Nintendo Bakal Luncurkan Switch Terbaru September, Harga Makin Mahal

By Adam Rizal, Senin, 31 Mei 2021 | 09:30 WIB

Nintendo Switch

Nintendo akan segera meluncurkan konsol game Nintendo Switch terbaru pada September tahun ini, bersamaan dengan peluncuran Nintendo Switch Lite yang lebih terjangkau.

Nintendo akan mulai memproduksinya pada Juli tahun ini dan membanderolnya lebih mahal dari konsol game yang ada sekarang.

Nintendo Switch terbaru akan mengusung layar OLED 7 inci buatan Samsung. Perangkat juga menggunakan GPU NVIDIA yang lebih cepat dengan dukungan output 4K.

Nintendo akan menyajikan Switch terbaru dengan harga lebih mahal dari 299 dolar AS atau Rp 4,2 juta seperti dikutip XDA Developers.

Ada beberapa faktor yang membuatnya mahal yaitu komponen Nintendo Switch yang lebih premium, permasalahan kelangkaan chip global dan meningkatnya biaya tenaga kerja di China.

Namun Nintendo optimistis bisa memenuhi permintaan pasar meskipun dunia sedang dilanda krisis chip. Nintendo pun menjamin pabriknya mampu memproduksi Nintendo Switch meski terjadi potensi kekurangan komponen.

"Upaya Nintendo menghadirkan Switch terbaru dapat memperpanjang usia platform itu sendiri," kata Analis Bloomberg, Matthew Kanterman.

Hal ini juga dilakukan seperti perusahaan penyedia konsol lain seperti Sony ataupun Microsoft. Kemudian, ini juga akan menjadi keuntungan bagi Nintendo untuk menguatkan basis pengguna Switch agar tidak beralih ke konsol lain.

Sebagai informasi, Nintendo Switch pertama kali hadir pada Maret 2017 lalu.

Konsol ini merupakan satu-satunya konsol hybrid, di mana pemain bisa menggunakannya dalam berbagai cara. Pertama, mereka bisa meletakkan layarnya pada docking station dan menghubungkannya dengan televisi. Kedua, mereka bisa memainkan langsung dari tangan.

Terakhir, mereka bisa memainkannya dengan mencabut layar dan memainkan controller-nya secara terpisah.