Find Us On Social Media :

Enam Strategi TikTok Bantu UKM Lokal Bangkit dan Siap Go Digital

By Indah PM, Selasa, 1 Juni 2021 | 16:00 WIB

TikTok

Beberapa tahun ke belakang merupakan tahun yang penuh tantangan, khususnya bagi pelaku UKM di berbagai wilayah.

International Data Corporation (IDC) melaporkan sebanyak 70,6% UKM di Asia Tenggara, terpaksa menghentikan operasinya sementara karena pandemi global COVID-19 yang melanda.

Menanggapi kondisi tersebut, platform destinasi video singkat, TikTok meluncurkan program Sabtu Belanja Lokal untuk mendukung UKM di Asia Tenggara. Program ini sekaligus menjadi rangkaian usaha TikTok dalam menyokong rencana UKM go digital.

TikTok dalam hal ini berkomitmen untuk menyediakan berbagai alat, sumber daya, dan pengalaman terbaik untuk terkoneksi dengan audiens serta meningkatkan bisnisnya di masa sulit ini, antara lain:

1. TikTok Ads Manager:

UKM dapat memanfaatkan TikTok Ads manager untuk menciptakan iklan kampanye secara mudah dengan biaya fleksibel, serta membantu bisnisnya untuk menjangkau audiens yang relevan.

2. Grow with TikTok - Starter Lab:

Sebuah program training bulanan yang sudah berjalan sejak Februari 2021, dimana lebih dari 6.600 UKM telah menerima pembelajaran secara langsung dari tokoh dan ahli di industri marketing, serta tim ahli di TikTok dalam bagaimana memulainya di TikTok.

Baca Juga: Wajib Baca! Begini Cara Video TikTok Anda Masuk ke dalam 'FYP'

3. Small Business Resource Center:

Diperkenalkan pada Maret 2021, Small Business Resource Center ini menghadirkan berbagai pengalaman terbaik di TikTok dan sumber informasi bagi UKM, untuk belajar terkoneksi dengan audiens dan mendapatkan hasil yang diinginkan.

4. Lead Generation:

Solusi pertama TikTok yang membantu UKM mencapai proses bisnis untuk mengkonversikannya dalam konsumen potensial dengan mudah. Fitur ini juga tersedia untuk pebisnis dan pelaku UKM di Indonesia. Lead Generation memudahkan pebisnis segala ukuran, termasuk UKM, untuk menciptakan interaksi sehingga bisa meraih prospek bisnis, termasuk mendapatkan konsumen potensial.

5. Mendukung Pembayaran Lokal dalam TikTok Ads Manager:

TikTok menjadi aplikasi pertama yang mendukung pembayaran dalam mata uang lokal melalui sistem integrasi dompet digital, seperti DANA di Indonesia.

6. Menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama Pemerintah Indonesia:

TikTok bekerjasama dengan pemerintah di beberapa negara tempat TikTok beroperasi, demi memperkuat komitmennya dalam mendukung UKM di seluruh wilayah. Di Indonesia, TikTok menyelenggarakan program pelatihan gratis #MajuBarengTikTok untuk mendukung perkembangan digitalisasi UKM dan IKM, berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, serta Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Baca Juga: Contoh Penerapan Artificial Intelligence di Lingkungan Bisnis