Find Us On Social Media :

Dukung Transisi ke BI-FAST, Multipolar Sediakan Dua Solusi Ini

By Liana Threestayanti, Kamis, 3 Juni 2021 | 21:00 WIB

Achmad Fakhrudin, Div. Head e-Channel Solution (kiri) dan Suhenderi, Dept. Head of BI Solution & Regulation Multipolar Technology (kanan), di sela Webinar BI Fast for Agile Transformation Financial Services (3/6).

Mengedukasi perbankan tentang BI Fast Payment, Multipolar Technology menggelar webinar bertajuk “BI Fast Payment for Agile Transformation Financial Services”. 

Usai mengikuti webinar ini, sektor perbankan diharapkan lebih siap memasuki fase awal penerapan BI Fast Payment, yang dimulai dari penyediaan solusi database, payment hub sebagai akseleratornya, dan infrastrukturnya sehingga implementasi dapat berjalan lancar.

BI Fast Payment atau BI-FAST merupakan infrastruktur fast payment untuk mengakomodir dan memfasilitasi pembayaran menggunakan kartu, uang elektronik, dan skema direct to account, baik transfer kredit maupun transfer debet, seperti dikutip dari Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025.

BI-FAST akan menjawab  kebutuhan infrastruktur sistem pembayaran yang tersedia setiap saat (24/7) dan mampu melayani berbagai transaksi pembayaran antarnasabah dengan memanfaatkan payment ID.

Layanan dari Bank Indonesia ini tentunya akan sangat membantu pelaku usaha dalam mewujudkan sistem pembayaran transfer online secara real time dan lebih aman. Saat ini transaksi ritel nasional dilayani oleh Sistem Kliring Nasional BI (SKNBI) dan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Sebagai penyedia solusi perbankan yang telah hadir sejak lama di industri, Multipolar Technology menyatakan telah siap dengan solusi-solusi bisnis berbasis digital yang sejalan dengan tren dan kebutuhan pasar, termasuk kebutuhan regulasi dari Bank Indonesia seperti solusi BI Fast Payment. 

Webinar ini membahas solusi Oracle Database yang merupakan komponen mandatory dari BI Fast Payment. Pembahasan difokuskan pada fitur baru Oracle Database versi 19C dan Oracle Data Guard untuk replikasi data dari Production ke DRC sehingga database memiliki tingkat ketersediaan (availability) yang tinggi dan konsisten. Webinar ini juga membahas beberapa modul dari VisionDG sebagai Payment Hub, yaitu Modul Messaging BI Fast Payment, Modul Transaksi, dan Modul Rekonsiliasi. 

“Multipolar Technology yang sangat berpengalaman melayani sektor perbankan sejak tahun 1975 tentu siap membantu menyukseskan program BI Fast Payment ini. Kami memiliki solusi-solusi yang dibutuhkan untuk mendukung BI Fast Payment, seperti solusi infrastruktur mandatory yakni Oracle Database dan Host Security Module (HSM). Kami juga menyediakan aplikasi pendukungnya yaitu solusi Payment Hub VisionDG yang dapat memudahkan bank untuk melakukan integrasi dengan BI Fast connector – ISO20022,” jelas Achmad Fakhrudin, e-Channel Solution Head Multipolar Technology. 

VisionDG adalah platform digital berbasis microservices yang dibangun melalui proses agile development dan berjalan di atas platform digital container. Menurut Multipolar, VisionDG selalu dikembangkan agar up to date dan dapat mengakomodir perkembangan kebutuhan digital, seperti BI Fast Payment yang diluncurkan oleh Bank Indonesia. Solusi ini terintegrasi dari back end hingga front end sehingga akselerasi transformasi digital melalui open innovation dan open collaboration dengan ekosistem digital yang sudah ada dapat dilakukan dengan lincah, mudah dan cepat. 

“Untuk membangun sistem atau aplikasi digital tentunya pelaku usaha butuh kerja sama atau kolaborasi dengan Digital Partner yang memiliki pengalaman dan kapabilitas yang mumpuni dalam implementasi teknologi digital. Untuk memudahkan terwujudnya hal tersebut, kami mengembangkan solusi VisionDG sebagai Platform Digital siap pakai untuk mendukung beberapa inisiatif produk baru berbasis digital termasuk BI Fast Payment,” ujar Suhenderi, Dept Head of BI Solution & Regulation Multipolar Technology. 

Pemanfaatan solusi VisionDG untuk keperluan Payment Hub atau Payment Aggregator diklaim Multipolar akan memberikan kepastian bagi para pelaku usaha dalam melakukan akselerasi transformasi digital karena memiliki karakteristik antara lain: