Find Us On Social Media :

Apa Saja Fitur-fitur Terbaru dari Aplikasi WhatsApp Business?

By Adam Rizal, Sabtu, 5 Juni 2021 | 09:30 WIB

Ilustrasi WhatsApp Business

WhatsApp baru saja menghadirkan update-update aplikasi WhatsApp Business API yang akan meningkatkan pengalaman dan kualitas bisnis penggunanya.

"Pembaruan ini akan memudahkan orang-orang untuk memulai obrolan dengan akun bisnis secara lebih cepat," kata Ajit Varma selaku Kepala Produk Bisnis WhatsApp dalam keterangan resmi.

Kini WhatsApp telah memangkas waktu yang dibutuhkan para pelaku bisnis untuk menggunakan (onboard) WhatsApp Business API. Sebelumnya, memerlukan waktu berminggu-minggu kini menjadi hanya lima menit saja.

"Bekerja sama dengan penyedia solusi bisnis ataupun mendapatkan dukungan secara langsung dari Facebook di masa mendatang, peningkatan ini akan memudahkan bisnis skala menengah dan besar untuk melakukan percakapan dengan pelanggan di WhatsApp," tambah Ajit Varma.

Selain itu, WhatsApp juga mendukung lebih banyak pesan untuk memudahkan komunikasi pelaku bisnis dengan pelanggan seperti pesan yang memberi tahu pelanggan kapan suatu item kembali tersedia.

Baca Juga: Tidak Mau Whatsapp Dibajak? Aktifkan Verifikasi Dua Langkah Whatsapp

Sebelumnya, WhatsApp Business seringkali mengalami kendala dalam mengirim notifikasi berwaktu. Kendala itu menyulitkan pelaku bisnis untuk menindaklanjuti pertanyaan atau permintaan pelanggan di luar jangka waktu 24 jam.

"Kami juga mengamati betapa bermanfaatnya informasi berkala yang disampaikan oleh otoritas kesehatan terkait dengan pandemi. Maka dari itu, kami ingin layanan seperti ini dapat tersedia untuk lebih banyak jenis percakapan," jelas Ajit Varma.

Terakhir, WhatsApp meluncurkan fitur perpesanan dengan menu hingga 10 opsi agar pelanggan tak perlu lagi mengetik respons secara manual. Tombol balas akan memudahkan kamu cepat melakukan pilihan dari hingga tiga opsi hanya dengan satu ketukan.

Opsi ini dapat diatur sebelumnya oleh bisnis melalui akun API WhatsApp Business mereka. Pelanggan masih perlu menghubungi bisnis untuk memulai percakapan atau meminta bisnis menghubungi mereka via WhatsApp.

"Dengan pembaruan ini, kami juga menghadirkan cara baru bagi pelanggan untuk memberikan umpan balik tambahan, atas pengalaman yang mereka alami jika mereka ingin memblokir bisnis," tutup Ajit.

Baca Juga: Begini Cara Menggunakan WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop di PC