Find Us On Social Media :

Resmi Meluncur, Apa saja Fitur-fitur Canggih dan Terbaru Apple iOS 15?

By Adam Rizal, Selasa, 8 Juni 2021 | 09:00 WIB

Apple iOS 15

Apple resmi memperkenalkan sistem operasi terbarunya iOS 15 dalam ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2021. Tentunya, Apple menyematkan banyak fitur canggih dan keren ke dalam iOS 15.

Berikut pembaruan dan penambahan fitur-fitur pada iOS 15:

FaceTime

Apple membuat tampilan panggilan grup berbentuk grid dengan orang yang berbicara berada di paling atas.

Apple juga menghadirkan fitur Spatial Audio yang mampu meredam suara bising di sekitar sehingga tidak mengganggu berbincangan.

Anda pun dapat menggunakan FaceTimelink untuk mengajak teman untuk ngobrol, baik pengguna Apple saja atau pengguna Android atau Windows.

Apple juga menghadirkan fitur SharePlay yang memungkinkan pengguna berbagi layar, mendengarkan musik dan nonton film bareng teman saat panggilan FaceTime.

Messages dan Focus

iOS 15 memungkinkan Anda membagikan pesan lebih mudah. Apple menghadirkan banyak fitur untuk meminimalkan jumlah gangguan yang bisa terjadi.

Fitur Noticication Summary menampilkan ringkasan pemberitahuan yang dapat diberikan kepada pengguna kapan pun mereka mau, menggabungkan semua item terpenting menjadi satu pesan.

Di Focus, ada beberapa mode yang dapat diatur untuk situasi yang berbeda seperti mode Kebugaran yang dikonfigurasi untuk pengguna saat berada di gym.

Live Text

Apple menghadirkan Live Text yang dapat mengenali karakter optik otomatis dari aplikasi Kamera.

Pengguna dapat mengarahkan kamera ke teks di papan, tanda, atau halaman, dan Live Text membuatnya dapat dipilih, disalin dan ditempel di tempat lain.

Live Text dapat memindai gambar secara praktis, termasuk foto dan gambar web yang diambil sebelumnya.

Fitur baru ini mencakup dukungan untuk tujuh bahasa, dan dapat mengenali objek dan pemandangan.

Spotlight

Selain itu pencarian kontak juga ditingkatkan, lengkap dengan menunjukkan apakah mode Do Not Disturb (DND) diaktifkan oleh mereka.

Banyak kartu baru telah disertakan, menampilkan informasi untuk aktor, film, dan jenis konten lainnya.

Baca Juga: iPad Pro 2021 Segera Dijual di Indonesia, Ini Buktinya

Photos

Pengguna dapat menambahkan lagu di Apple Music dalam Memory, sehingga dapat mengiringi slide foto menjadi lebih menarik.

Apple memberikan Memory Mixes yang memungkinkan pengguna untuk mengedit Memori yang dihasilkan, untuk memperbaikinya dengan berbagai cara.

Wallet

Wallet dapat berfungsi sebagai identifikasi digital di bandara di seluruh Amerika Serikat. Setelah memindai SIM atau ID dari sejumlah negara bagian bakal dapat digunakan sebagai ID digital dengan TSA, dan layanan lainnya.

iOS 15 turut menyertakan fitur kunci baru untuk rumah, hotel dan kantor di aplikasi Wallet.

Weather

Fitur Weather hadir dengan desain yang benar-benar baru. Ada peta beresolusi tinggi, dan animasi latar belakang baru.

Maps

Maps menampilkan tampilan globe dan 3D yang jauh lebih detail di sejumlah kota. Maps secara otomatis mengikuti pengguna selama rute transit dan dapat mengingatkan kapan harus turun, serta menawarkan informasi arah yang lebih rinci.

Privasi

iOS 15 memperkenalkan lebih banyak kontrol privasi untuk membantu melindungi informasi pengguna.

Dengan pengenalan ucapan di perangkat, audio permintaan Siri sekarang diproses seluruhnya di iPhone secara default, di lain sisi dapat meningkatkan kinerja secara signifikan.

Perlindungan Privasi Email menghentikan pengirim untuk mengetahui apakah email telah dibuka, dan menyembunyikan alamat IP sehingga pengirim tidak dapat mempelajari lokasi pengguna atau menggunakannya untuk membuat profil pada mereka.

Laporan Privasi Aplikasi menawarkan ikhtisar tentang bagaimana aplikasi menggunakan akses yang telah diberikan ke lokasi, foto, kamera, mikrofon, dan kontak dalam tujuh hari terakhir, dan domain lain mana yang dihubungi.

Baca Juga: iPad Pro Terbaru Punya Sistem Charger Baterai Secara Nirkabel