Find Us On Social Media :

Apa itu Platform 5G MediaTek T750? Apa Saja Fitur-Fitur Utamanya?

By Cakrawala, Jumat, 11 Juni 2021 | 17:00 WIB

Ilustrasi MediaTek

Penulis: Martin Lin (Deputy General Manager of Wireless Communication II Business Unit, MediaTek)

Mari mengawali broadband 5G baru kami dengan MediaTek T750. Platform 5G ini dirancang untuk perangkat CPE (consumer premise equipment) yang dapat menghadirkan akses nirkabel tetap (fixed wireless access/FWA) di gateway atau router, dan perangkat mobile hotspot (MiFi).

Platform T750 dapat menerima koneksi data multigigabit 5G dan mengubahnya menjadi Wi-Fi 6 lokal dan sampai dua koneksi Ethernet 2.5 Gbps untuk digunakan di rumah atau di kantor.

Akses Nirkabel Tetap (Fixed Wireless Access) 5G

Pertumbuhan perangkat rumah pintar yang pesat, ditambah dengan lonjakan orang yang bekerja dari rumah, juga yang mengikuti kelas daring dan yang menggunakan layanan seperti telehealth dan konferensi video, kini membutuhkan konektivitas broadband yang merata. Peluncuran dan cakupan layanan 5G terus meningkat dengan cepat, serta laju pertumbuhannya seringkali lebih cepat daripada layanan fiber dan kabel multigigabit lainnya, menjadikan 5G FWA menjadi pilihan yang menarik bagi banyak orang baik saat ini sampai dekade selanjutnya.

Firma analis IDC memperkirakan pasar router dan gateway global 5G dan LTE-connected akan tumbuh dari sekitar US$979 juta pada tahun 2019 menjadi hampir menyentuh US$3 miliar pada tahun 2024. Counterpoint Research juga memproyeksikan akses nirkabel tetap 5G tumbuh dari 10,3 juta pelanggan pada tahun 2020 menjadi lebih dari 450 juta pelanggan pada tahun 2030.

5G MiFi

Sementara itu, mobile hotspot (MiFi) 5G, sebagai perangkat bertenaga baterai yang sangat mudah dikantongi, memungkinkan satu atau banyak pengguna mengakses internet sangat cepat dengan mengubah broadband 5G ke Wi-Fi lokal. Kemudahan ini akan sangat berguna kapan saja, terutama saat bepergian, seperti perjalanan atau wisata keluarga dengan grup tur — menyediakan internet di dalam kendaraan — maupun saat perjalanan bisnis di luar negeri.

MediaTek T750

Terlepas dari perbedaan perangkat antara FWA dan MiFi, MediaTek T750 merupakan platform yang sangat ringkas dan sangat serbaguna, yang memungkinkan MediaTek T750 digunakan untuk keduanya sebagai basis. Teknologi ini dibuat khusus untuk data, dan cip 7 nm sangat hemat daya dengan teknologi MediaTek 5G UltraSave. Hal ini berarti perangkat dapat bekerja sepanjang hari dengan daya baterai. Perbedaan dari keunggulan perangkat ini akan langsung terasa saat digunakan karena teknologi ini jauh melampaui apa yang dapat ditawarkan oleh perangkat generasi sebelumnya.

Platform MediaTek T750 adalah chipset komprehensif yang mencakup MT6890 5G-integrated 7nm SoC, MT6190 12nm Transceiver; plus ET, GNSS, dan PMIC.

Fitur-fitur utama platform 5G MediaTek T750 (MediaTek MT6890 5G-integrated 7nm SoC):