Find Us On Social Media :

Garmin Luncurkan Venu 2 dan Venu 2S untuk Tingkatkan Kualitas Hidup

By Cakrawala, Sabtu, 12 Juni 2021 | 23:45 WIB

Garmin Venu 2 dan Venu 2S.

Garmin beberapa hari lalu meluncurkan Venu 2 dan Venu 2S di Indonesia. Keduanya merupakan smartwatch dengan GPS dan ditujukan Garmin untuk membantu masyarakat Indonesia yang menggunakannya meningkatkan kualitas hidup. Pasalnya, Garmin mengklaim Venu 2 dan Venu 2S menghadirkan tambahan fitur yang memperkuat pemantuan kesehatan sepanjang hari bagi pengguna. Senantiasa sehat sewajarnya lebih memudahkan seseorang beroleh hidup yang berkualitas. Garmin menambahkan pula bahwa pengguna Garmin di Asia makin memperhatikan kesehatan dan kebugaran sejak awal pandemi COVID-19.

“Inti dari lini produk Venu adalah keyakinan bahwa pengguna dapat membangun gaya hidup yang lebih berkualitas untuk kehidupan yang lebih baik. Seri Venu 2 diciptakan untuk mendukung gaya hidup sehat melalui fitur-fitur baru nan menarik, membantu pengguna dalam menjelaskan kondisi tubuh yang mereka butuhkan sehingga mereka dapat mengambil langkah untuk memulai gaya hidup sehat setiap harinya secara efektif melalui pendekatan berbasis ilmiah,” ujar Scoppen Lin (Director, Garmin Asia).

Dua di antara fitur-fitur baru yang hadir pada Garmin Venu seri 2 adalah fitness age dan sleep score. Garmin mengklaim kedua fitur tersebut memberikan informasi data kesehatan yang lebih mendalam bagi pengguna secara keseluruhan. Fitness age seperti namanya adalah suatu angka yang menunjukkan umur pengguna dari sisi fitness atau kebugaran. Jika pengguna berumur 35 tahun dan fitness age-nya 28 tahun misalnya, pengguna tersebut adalah sangat bugar untuk seusianya.

Garmin menyebutkan tingkat kebugaran pengguna berhubungan erat dengan VO2 Max sang pengguna. Namun, tidak selalu mudah untuk menginterpretasikan VO2 Max tersebut ke tingkat kebugaran. Fitness age menginterpretasikan VO2 Max bersangkutan ke umur sehingga pengguna lebih mudah untuk mendapatkan gambaran tingkat kebugarannya.

Sementara, sleep score mirip seperti fitness age, hanya saja sleep score menunujukkan kualitas tidur. Makin tinggi angkanya makin baik tidur yang dilakukan sang pengguna. Tidur yang baik tentu memengaruhi kesehatan dan kebugaran seseorang. Garmin sleep score pada perangkat yang telah menggunakannya lebih dulu adalah dari 1 sampai 100. Adapun angka tertinggi alias terbaik adalah 100.

Dilengkapi dengan GPS, Garmin Venu seri 2 tentu cocok digunakan untuk olahraga luar ruangan. Namun, berhubung pandemi COVID-19, Garmin menemukan bahwa penggunanya di Asia mengurangi aktivitas berjalan kaki di luar ruangan dibandingkan sebelumnya. Adapun aktivitas yang meningkat adalah aktivitas aerobik dalam ruangan. Garmin pun melengkapi Venu seri 2 dengan lebih dari 25 pilihan aktivitas olahraga dalam ruangan.

Venu seri 2 dilengkapi pula dengan aneka fitur kesehatan dan olahraga lainnya seperti stress level alias tingkat stres dan muscle map graphics alias grafik sistem otot. Penggunaan layar AMOLED yang cerah tentu membantu pengguna dalam melihat aneka informasi yang disampaikan Venu seri 2. Baterainya sendiri diklaim bisa bertahan sampai 11 hari untuk Venu 2 dan sampai 10 hari untuk Venu seri 2S.

Garmin Venu 2 hadir dengan ukuran case 45 mm dengan pilihan warna granite blue (case) dan silver (bezel) serta black (case) dan slate (bezel). Sementara, Venu 2s hadir dengan ukuran case 40 mm dengan pilihan warna graphite (case) dan slate (bezel), light sand (case) dan light gold (bezel), mist gray (case) dan silver (bezel), serta white (case) dan rose gold (bezel). Seluruhnya ditawarkan dengan harga Rp6.499.000 dan bisa diperoleh antara lain di gerai Garmin Brand Store, Erafone, serta Garmin Official Store Tokopedia, Blibli dan Shopee.