Find Us On Social Media :

Tantang DJI, Sony Luncurkan Drone Pertama Airpeak S1 yang Canggih

By Adam Rizal, Sabtu, 12 Juni 2021 | 10:00 WIB

Sony Airpeak

Akhirnya, Sony meluncurkan drone pertamanya Airpeak S1 yang menawarkan spesifikasi unggul untuk pembuatan film profesional.

Sony mengklaim Airpeak S1 mampu mengalahkan drone dari produsen terkemuka, DJI dari segi kegesitan, flesibilitas dan kekuatan.

Salah satu fitur unggulan Airpeak S1 ialah soal kecepatannya karena Airpeak S1 dapat melesat dari 0 hingga 75 km/jam hanya dalam waktu 3,5 detik saja. Pencapaian itu jauh lebih kencang 1,5 detik dibandingkan akselerasi drone cepat DJI, Insipire 2.

Meskipun berbobot 2,53 kg, Airpeak S1 dapat tetap terbang secara lincah hingga kecepatannya tertingginya 90 km/jam. Airpeak S1 juga tetap akan terbang stabil dalam kecepatan angin 70 km/jam.

Rekor itu membuat drone Airpeak S1 dua kali lebih kuat dibandingkan drone DJI Insipre 2. Airpeak S1 juga turut dibekali lima kamera stereo, dua sensor inframerah, serta diotaki prosesor Vision Sensing.

Kombinasi kamera stereo dan prosesor dijanjikan akan memberikan gambaran spasial 3D yang nyata.

Di samping itu, Airpeak 1 memiliki lima kamera stereo memungkinkan drone bisa menghindari halangan, mengenali obyek terbang lain, dan melakukan navigasi secara mandiri di antara gedung-gedung, tanpa campur tangan operator manusia sebagaimana dihimpun TechRadar.

Airpeak S1 diklaim Sony sebagai drone terkecil di kelasnya, namun tetap mampu membawa muatan hingga 2,5 kg. Artinya drone ini kompatibel dengan kamera mirrorless full frame seri Alpha milik Sony.

Drone ini disebutkan dapat terbang selama 22 menit tanpa muatan, dan selama 12 menit dengan muatan seperti kamera mirrorless Alpha 7S III.

Di samping itu, karena ditujukan untuk pembuatan film profesional, Airpeak S1 juga dibekali dengan fitur pendukung aplikasi Airpeak Flight, dan layanan cloud bernama Airpeak Plus.

Melalui aplikasi Airpeak Flight, pengguna dapat mengontrol drone, kamera, dan gimbal saat penerbangan dari smartphone. Lalu pengguna juga diberikan mode operasi ganda, untuk mengontrol drone dan gimbal atau kamera secara terpisah.

Sayangnya, untuk saat ini, aplikasi Airpeak Flight hanya tersedia di perangkat yang menjalankan sistem operasi iOS saja (iPhone/iPad).

Sony juga belum mengumbar harga jual Airpeak S1. Namun, kabarnya Airpeak S1 akan dijual seharga 8.999 dollar AS atau sekitar Rp128 juta.