Find Us On Social Media :

Red Hat & TCS Dirikan Center of Excellence Automation di Indonesia

By Liana Threestayanti, Rabu, 16 Juni 2021 | 21:40 WIB

Red Hat Indonesia dan TCS berkolaborasi mendirikan Center of Excellence untuk bantu pelanggan adopsi automation.

Mudahkan perusahaan di Indonesia mengadopsi automasi/automation, Red Hat dan Tata Consultancy Services berkolaborasi untuk mendirikan ‘TCS Ansible Factory’ Center of Excellence (CoE) di Jakarta.

Penelitian oleh Harvard Business Review mengungkapkan 95% eksekutif di Asia Pasifik telah melihat pentingnya transformasi digital dalam waktu 18 bulan terakhir. Dalam penelitian lain, 86% pemimpin TI berpendapat bahwa automasi kritis atau sangat penting dalam transformasi digital; dan 79% akan harus men-deploy pengelolaan untuk software automasi. 

Dapat dikatakan, automasi adalah elemen penting dalam transformasi digital. Terutama di TI, proyek automation akan membantu mengurangi kompleksitas dan memungkinkan perusahaan/organisasi merespons perubahan kebutuhan bisnis dengan lebih cepat, terutama jika mengingat model remote working yang marak diadopsi di tengah kondisi pandemi saat ini. 

Center of Excellence TCS Ansible Factory akan menjawab kebutuhan adopsi automasi infrastruktur tersebut dengan memadukan keahlian TCS di bidang konsultasi dengan platform automation milik Red Hat, Ansible Automation Platform

CoE dapat dimanfaatkan oleh pelanggan Red Hat, TCS, maupun perusahaan atau organisasi yang belum menjadi pelanggan kedua perusahaan. Di CoE ini  pelanggan akan mendapatkan dukungan langsung dari pakar kelas dunia untuk Red Hat Ansible, beberapa di antaranya berbasis di Jakarta. Ada juga para developer yang berbasis di Bangalore dan Chennai, India, yang dapat dihubungi dari jauh untuk mendukung para pelanggan. 

TCS Ansible Factory mengusung Ideate, Consult, dan Test (ICT) Framework di mana CoE akan menjadi skema piloting bagi perusahaan yang ingin mewujudkan ide, berkonsultasi, dan menguji solusi-solusi automasi dengan dukungan dari Red Hat dan TCS.

CoE ini juga dapat menjadi platform bertukar ide, mencari model bisnis dan inovasi baru, dan memfasilitasi deployment solusi automation enterprise berbasis Ansible. Selain itu, para pelanggan juga dapat mengakses berbagai pengetahuan tentang automation yang dikembangkan secara bersama oleh Red Hat dan TCS.

CoE yang pertama di Asia Tenggara ini akan berfokus pada vertikal industri utama, seperti layanan finansial, telekomunikasi, pemerintahan, manufaktur, pertanian, dan lain-lain. 

“Kami senang dapat berkolaborasi dengan TCS sehingga perusahaan-perusahaan di Indonesia dapat menggunakan Red Hat Ansible Automation Platform untuk membantu mereka menerapkan automation, sekaligus meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi risiko. Melalui Center of Excellence bersama ini, kami berharap dapat mendukung perusahaan yang dinamis dan berkembang pesat di Indonesia, untuk mengotomatisasi tugas-tugas manajemen yang selama ini dilakukan secara manual, meningkatkan aspek keamanannya, dan memberikan lebih banyak kebebasan kepada tim untuk mendorong lahirnya berbagai inovasi baru,” jelas Rully Moulany, Country Manager for Red Hat Indonesia 

“Kami sangat yakin bahwa automation adalah agenda utama yang harus masuk dalam perjalanan transformasi digital perusahaan mana pun, dengan meluncurkan CoE ini bersama dengan partner kami Red Hat, kami ikut berkontribusi dalam mendukung roadmap digitalisasi di Indonesia, yang akan meningkatkan efisiensi dalam memenuhi kebutuhan terhadap lingkungan remoteless hari-hari ini,” ujar Bhavin Zaveri, Country Manager, TCS Indonesia.