Find Us On Social Media :

Alibaba Bakal Gunakan 1.000 Robot untuk Pengiriman Paket Pelanggannya

By Rafki Fachrizal, Kamis, 17 Juni 2021 | 12:30 WIB

Ilustrasi Robot Xiaomanlv

Raksasa e-commerce di Negeri Tirai Bambu Alibaba, mengumumkan rencananya untuk menggunakan 1.000 robot untuk membantu perusahaan melakukan pengiriman paket atau barang para pelanggannya.

Penggunaan robot yang bernama ‘Xiaomanlv’ ini diharapkan Alibaba dapat membuat proses pengiriman paket menjadi lebih murah dan cepat.

1.000 robot tersebut nantinya akan disebar ke berbagai penjuru kampus dan komunitas lokal di Cina mulai tahun depan.

Robot-robot tersebut dikembangkan Alibaba melalui unit penelitiannya yaitu DAMO Academy yang berkantor pusat di Hangzhou dan perusahaan logistik Alibaba, yakni Cainiao.

Hingga tanggal 1 Juni 2021, pengiriman paket tahun ini telah melebihi 40 juta di berbagai penjuru Cina.

Menurut Kantor Pos di Cina, angka ini mendekati jumlah seluruh pengiriman di tahun 2017. Kondisi pandemi COVID-19 dipercaya telah meningkatkan pembelian online melalui e-commerce.

“Robot-robot Xiaomanlv didesain untuk memenuhi permintaan pengiriman paket jarak jauh untuk komunitas dan kampus-kampus, yang mana datang dari pelajar yang merupakan pembeli aktif dari e-commerce di Cina seperti Taobao dan Tmall,” ujar Chief Technology Officer Alibaba, Li Cheng.

Pesanan dikirim ke station Cainiao yang ada di sekitar kampus dan perumahan yang tersebar di beberapa titik di berbagai kota Cina, seperti Hangzhou, Shanghai, dan Beijing.

Ke depannya, Alibaba juga mengemukakan rencananya untuk mengembangkan truk kemudi otomatis untuk memperluas area jangkauan pengiriman.

“Teknologi kemudi otomatis menjadi teknologi inti di era digital,” kata Li Cheng.

Alibaba akan bekerja sama dengan Cainiao untuk mengubah teknologi kemudi otomatis menjadi aplikasi yang dapat membuat hidup masyarakat menjadi lebih mudah. Aplikasi ini rencananya akan dikomersilkan.

Aplikasi-aplikasi ini akan “Melayani sebagai alat produktivitas inti dalam segmen logistik pintar” tambah Cheng pada puncak acara tahunan logistik pintar Cainiao, yang diadakan di Hangzhou.

Baca Juga: Lebih Powerful, Ini Keunggulan Robot UR10e Milik Universal Robots

Baca Juga: Apa saja Keuntungan Manufaktur RI Adopsi Teknologi Robot Kolaboratif?