Find Us On Social Media :

Microchip Umumkan Perangkat Midspan-nya untuk Wi-Fi 6 dan 5G

By Cakrawala, Kamis, 17 Juni 2021 | 22:00 WIB

Microchip mengumumkan perangkat midspan-nya yang ditujukan untuk menyuplai daya ke Wi-Fi 6 access point dan 5G small cell access node.

Microchip baru saja mengumumkan perangkat midspan-nya yang bisa menyuplai daya ke Wi-Fi 6 access point dan 5G small cell access node. Wi-Fi 6 access point serta 5G small cell access node tentunya membutuhkan daya, dan Microchip menyebutkan biasanya organisasi men-deploy mereka bila switch yang digunakan bisa menyuplai daya bersangkutan maupun bila terdapat stopkontak yang letaknya tidak "jauh". Kehadiran midspan yang disebut Microchip dengan PoE (power over Ethernet) PSE (power sourcing equipment) injector ini diklaim bisa menjadi solusi yang cost-effective bagi organisasi, apabila switch yang digunakan tidak bisa menyuplai daya yang dibutuhkan dan tidak terdapat stopkontak dengan jarak yang memadai.

Pasalnya, organisasi tidak mesti mengganti switch maupun menambahkan stopkontak atau kabel khusus untuk suplai daya bagi masing-masing Wi-Fi 6 access point dan 5G small cell access node, melainkan cukup menambahkan midspan yang ditawarkan Microchip tersebut. Microchip pun menyebutkan bahwa switch yang multigigabit dan mendukung PoE dengan daya yang memadai untuk Wi-Fi 6 access point dan 5G small cell access node, harganya adalah mahal. Dengan kata lain, midspan yang ditawarkan Microchip bisa menjadi alternatif; organisasi bisa membeli switch yang multigigabit saja.

“Keluarga baru injector PSE PoE multiport dan multigigabit kami menawarkan cara termudah dan paling hemat biaya untuk memasang aneka perangkat Wi-Fi 6 dan peralatan small cell,” ujar Iris Shuker (Direktur Unit Bisnis PoE Microchip). “Teknologi yang dipatenkan dari Microchip memecahkan tantangan untuk memberikan daya pada para perangkat ini sambil mendukung kecepatan data 10 gigabit per detik. Hal ini sangat menyederhanakan deployment berbagai Wi-Fi 6 AP [access point] sembari memungkinkan penyedia layanan, untuk pertama kalinya, memasang aneka 5G picocell dan femtocell dengan cepat dan tidak mahal di mana pun, yang sering kali berada pada tempat yang jauh dari stopkontak,” tambahnya.

Terdapat tiga varian midspan yang menyuplai daya melalui para kabel twisted pair untuk Ethernet ke Wi-Fi 6 access point dan 5G small cell access node itu. Ketiga varian tersebut adalah Microchip PD-9506-10GC, Microchip PD-9512-10GC, dan Microchip PD-9524-10GC. Microchip mengklaim ketiganya compliance dengan IEEE 802.3bt Type 3 dan 10GBASE-T. Dengan kata lain, ketiganya mendukung daya sampai 60 W per porta dan kecepatan sampai 10 Gbps. Ketiganya pun bisa digunakan untuk menyuplai daya ke berbagai perangkat lain yang kompatibel (mendukung PoE dan tidak membutuhkan daya lebih dari 60 W).

Adapun perbedaan dari ketiga varian midspan yang diumumkan Microchip itu utamanya pada jumlah portanya. Microchip PD-9506-10GC memiliki 6 porta, Microchip PD-9512-10GC memiliki 12 porta, dan Microchip PD-9524-10GC mempunyai 24 porta. Microchip menambahkan pula bahwa ketiga telah tersedia saat ini.