Find Us On Social Media :

Plextor Umumkan Peluncuran SSD Seri M10P, Apa Kelebihannya?

By Cakrawala, Jumat, 18 Juni 2021 | 10:00 WIB

Plextor umumkan SSD seri M10P.

Plextor minggu lalu mengumumkan peluncuran SSD barunya, seri M10P, di dunia. Sebagai lini baru, Plextor seri M10P sewajarnya menawarkan kelebihan dari sebelumnya. Plextor menyebutkan SSD seri M10P telah menggunakan antarmuka terkini plus memiliki kecepatan transfer data yang tinggi. Plextor menargetkan SSD seri M10P untuk para pemain gim, enthusiast, dan sejenisnya. Dengan kata lain untuk yang membutuhkan/menginginkan SSD dengan kinerja yang tinggi. Tak hanya itu, Plextor pun mengeklaim SSD seri M10P memiliki stabililitas yang sangat baik; kinerjanya akan tetap tinggi meski dipakai terus-menerus dalam waktu lama.

"Merealisasikan kinerja yang sangat cepat adalah aspirasi dari seluruh pemain gim dan AV [audio video] enthusiast, dan stabilitas adalah kebutuhan dasar untuk menyelesaikan tugas-tugas yang intens secara efektif dan seamless," ujar Fay Ho (Senior Director, Plextor). "Dengan generasi berikutnya PCI Express Gen 4, SSD seri M10P akan memberikan para pemain gim dan AV enthusiast daya pemrosesan yang besar sekali untuk aneka visual resolusi tinggi yang sempurna dan suatu pengalaman hiburan yang tak ada tandingannya," tambahnya.

SSD seri M10P dari Plextor menggunakan antarmuka PCI Express 4.0 x4 yang secara teoritis menawarkan bandwidth sampai mendekati 8.000 MB/s. Lebih detail mengenai PCI Express 4.0 bisa dilihat di sini. Sejalan dengan antarmuka yang digunakan, Plextor mengeklaim SSD seri M10P memiliki kecepatan transfer sampai 7.000 MB/s untuk pembacaan dan sampai 5.000 MB/s untuk penulisan. Plextor menyebutkan kecepatan tersebut adalah sekitar dua kalinya SSD generasi sebelumnya.

Plextor menambahkan bahwa kecepatan setinggi itu bisa dicapai juga berkat teknologi PlexNitro II-nya. Plextor PlexNitro II menggunakan cache SLC untuk meningkatkan kecepatan pembacaan dan penulisan sehingga bisa lebih tinggi sampai 50% dibandingkan generasi sebelumnya.

Sementara, untuk stabililitas yang sangat baik, Plextor antara lain menggunakan heatsink yang dirancang khusus sehingga bisa mendisipasi panas dengan baik. Terdapat tiga varian dari Plextor seri M10P dan dua di antaranya dilengkapi dengan heatsink yang dimaksud. Ketiga varian SSD seri M10P dari Plextor adalah M10PY, M10PG, dan M10PGN. Plextor M10PY merupakan kartu PCI Express HHHL (half height, half length), sedangkan Plextor M10PG dan Plextor M10PGN adalah kartu M.2 2280. Adapun varian yang dilengkapi heatsink adalah Plextor M10PY dan Plextor M10PG.

Pilihan kapasitas dari ketiga varian Plextor seri M10P adalah 512 GB, 1 TB, dan 2 TB. Ketersediannya sendiri di dunia ditargetkan mulai Juni 2021 ini. Namun, Plextor menyebutkan wilayah yang berbeda bisa memiliki waktu ketersediaan yang berbeda. Adapun spesifik Indonesia, Plextor tidak menyebutkan waktu ketersediaan dan harganya.