Find Us On Social Media :

Menghadirkan Solusi Otomotif untuk Indonesia yang Makin Digital

By Cakrawala, Jumat, 18 Juni 2021 | 21:00 WIB

Ilustrasi mobil listrik.

Penulis: Yan Goh (Sr. Marketing Manager, Far East, Automotive Products Group Microchip Technology Inc.)

Elektronik pintar sekarang menjadi bagian integral dari kendaraan roda dua dan roda empat pada umumnya. Meningkatnya permintaan untuk elektronik pintar di Indonesia mencerminkan peta jalan Industri 4.0 di Indonesia dan kemajuan industri transportasi nasional.

Selama beberapa tahun terakhir, kita melihat bahwa Indonesia, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, telah berinvestasi dalam jaringan jalan baru dan infrastruktur transportasi umum untuk menangani masalah kemacetan. Total penjualan mobil Indonesia pada tahun 2020 hanya berkisar 0,5 juta mobil, yang dipengaruhi oleh perubahan kebijakan dan situasi makroekonomi. Akan tetapi, kita dapat melihat potensi pertumbuhan pasar otomotif karena kecil dibandingkan dengan jumlah penduduk.

Sebagai negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara dan jumlah penduduk muda yang besar, terdapat peluang besar bagi Indonesia untuk memacu permintaan kendaraan dan sepeda motor. Ketika melihat manufaktur otomotif, terutama dengan perkembangan masa depan yang berkaitan dengan mobil listrik, keuntungan Indonesia adalah cadangan alam yang sangat besar dalam bahan mentah untuk baterai mobil listrik dan motor listrik. Ditambah lagi, melimpahnya pekerja terampil akan makin mendukung perluasan pemanufakturan suku cadang lokal. Ini semua hanya akan memperkuat aspirasi dan prospek industri otomotif Indonesia.

Ke depannya, sebagian besar platform kendaraan generasi baru mempertimbangkan konektivitas berbasis jaringan seperti Ethernet gigabit di dalam mobil. Sistem vehicle-to-everything (V2X) dengan konektivitas ke cloud melalui jaringan 4G atau 5G juga sedang diperkenalkan. Teknologi ini merupakan tulang punggung untuk mendukung kecerdasan otonom yang membutuhkan stabilitas optimal dan standar keamanan tertinggi. Dengan kata lain makin digital.

Untuk menyederhanakan dan mengatasi kebutuhan keamanan krusial seperti diretasnya mobil saat mengemudi, arsitek sistem otomotif menggunakan mikrokontroler yang diaktifkan modul keamanan peranti keras khusus (hardware security module – HSM) yang digabungkan dengan antarmuka jaringan berkecepatan tinggi generasi berikutnya untuk mendukung mode penggunaan tersebut. Microchip Technology melihat bahwa cip keamanan peranti keras khusus yang mendukung fitur seperti boot yang aman, autentikasi node, dan enkripsi data adalah elemen penting yang membantu perancang sistem otomotif menangani persyaratan sistem dari produsen peralatan asli (original equipment manufacturer – OEM) secara tepat waktu.

Tren saat ini yang mengarah ke elektrifikasi otomotif makin menekankan pentingnya mekatronika. Kami melihat hal ini diterapkan dari motor traksi propulsi ke motor sabuk penggerak tradisional. Produsen peralatan asli otomotif ingin meningkatkan efisiensi daya pada kendaraan listrik, dan oleh karena itu elektronik di belakang motor ini merupakan komponen penting. Tak hanya makin digital karena koneksi dan kecerdasan, melainkan juga karena penggerak.

Melihat tren ini, Microchip Technology telah mengembangkan solusi penggerak motor digital khusus yang mencakup mikrokontroler dari 8 bit hingga 32 bit yang sederhana. Mikrokontroler ini berpasangan dengan baik dengan solusi saklar MOSFET silikon karbida (silicon carbide – SiC) kami yang sangat efisien yang mampu menggerakkan motor dari daya menengah hingga tinggi.

Tantangan utama dalam perkembangan mobil listrik adalah persyaratan baru yang ditetapkan oleh produsen peralatan asli otomotif dan Tingkat 1 (Tier 1) yang berkaitan dengan daya pemrosesan, tingkat integrasi, dan efisiensi daya, serta kecepatan konektivitas data yang lebih tinggi, kebutuhan keamanan, dan lainnya. Persyaratan ini sebelumnya tidak terlihat di dunia mesin pembakaran dalam; sebelumnya persyaratan elektronik jarang berubah. Saat ini, urgensi untuk memenuhi kebutuhan baru dari produsen peralatan asli datang secepat layaknya dunia konsumen!

Solusi Microchip Technology dirancang untuk membantu berbagai aplikasi mulai dari konversi listrik, kontrol powertrain, dan human machine interface yang terlihat pada sebagian besar mobil listrik saat ini. Sebagai pemasok semikonduktor, Microchip Technology mengatasi tantangan ini dengan pengalaman sistem tertanam (embedded) dan penawaran produk kami yang luas.

Pemerintah Indonesia telah meluncurkan berbagai program insentif bagi pengembangan pasar mobil listrik dengan menetapkan persyaratan konten suku cadang lokal yang ditingkatkan dan bahkan juga berencana untuk mengembangkan mobil listrik sendiri, yang akan membantu ekspansi industri otomotif mobil listrik di Indonesia. Dengan pertumbuhan pesat ekosistem rantai pasokan otomotif di Indonesia, solusi otomotif Microchip Technology yang inovatif, kuat dan hemat biaya akan memungkinkan desainer tertanam untuk mempersingkat waktu pemasaran pada industri yang berkembang pesat ini.