Find Us On Social Media :

Hands-On vivo V21: Tampilan Kembar Tanpa Dukungan Jaringan 5G

By Dayu Akbar, Selasa, 22 Juni 2021 | 14:00 WIB

Kurang lebih sebulan setelah peluncuran vivo V21 5G, vivo kembali menghadirkan varian lain dari seri tersebut melalui vivo V21. Tidak digunakannya penamaan 5G memang menegaskan jika seri teranyar ini tidak menyertakan dukungan terhadap jaringan tersebut.Perbedaan penamaan seri yang mirip tersebut juga menandakan tampilannya yang tidak jauh berbeda, bahkan sampai tampilan kotak penjualannya.

Baca Juga: Meluncur 22 Juni, Ini Bocoran Spesifikasi dan Fitur vivo V21Kotak penjualan vivo V21 sama persis dengan vivo V21 5G. Mulai dari warna, tema, dimensi, sampai gambarnya, semua sama. Yang berbeda hanya tulisan 5G di bagian bawah kotak pada kotak penjualan vivo V21 5G. Sementara didalamnya terdapat kelengkapan seperti unit smartphone, adaptor dengan daya 33 watt, kabel USB type-C, earphone, SIM ejector, case transparan, kertas panduan dan kertas garansi.

Saat pertama kali pegang, secara umum dimensi dan desainnya juga mirip dengan versi 5G-nya. Meski nyatanya ada sedikit perbedaan dari sisi bobot, dimana V21 bobotnya 171 gram dan V21 5G bobotnya 176 gram. Ketebalannya pun hanya berbeda sekitar 0,1 mm saja. Tidak heran jika kami merasa perbedaan ini tidak terasa saat dipegang. Melihat bagian belakangnya, vivo masih menggunakan desain yang menjadi ciri khasnya. Bagian ini menggunakan lapisan yang dengan AG Matte Glass. Lapisan ini lebih menarik dibanding lapisan glossy karena tidak gampang meninggalkan sidik jari atau minyak dari tangan.

vivo V21 ini hadir dalam dua varian warna yang diberi nama Diamond Flare dengan Diamond Cutting Design yang unik dan Roman Black yang menghadirkan kesan klasik namun tetap stylish. Dan unit yang kami pegang memiliki pilihan warna pertama.Kamera belakang masih menggunakan satu frame yang ditempatkan di ujung kiri atas. Ada tiga kamera dengan posisi penempatan yang sama dengan versi 5G-nya. Secara rinci masing-masing terdiri dari kamera wide 64 MP dengan bukaan f/1.8, kamera ultrawide 8 MP dengan bukaan f/2.2, dan kamera macro 2 MP f/2.4. Fitur unggulan yang disematkan pada kamera utamanya yaitu 64MP Night Camera yang dapat diandalkan untuk menangkap momen foto dan video lebih jernih pada kondisi malam hari ataupun minim cahaya.

Beralih ke bagian depan, terdapat layar AMOLED berukuran 6,44 inci dengan resolusi layar full HD Plus. Layar ini sudah ditambahkan dengan screen protector seperti layaknya smartphone baru lainnya. Sisi atas masih menggunakan desain waterdrop sebagai penampung kamera depan.Dikenal sebagai samrtphone yang unggulkan foto selfie, kamera depan ini punya resolusi 44 MP dengan fitur unggulan yang disebut dengan 44MP AF Super Night Selfie yang merupakan kombinasi dari 44MP Ultra HD Selfies + Super Night Selfie pada kamera depan.

Sementara sisi kanan terdapat tombol fisik Volume dan Power. Berbeda dengan versi 5G, sisi kiri kali ini terdapat slot untuk menyimpan kompartemen kartu SIM. Kompartemen ini mampu menampung hingga 2 kartu SIM dan 1 kartu memori eksternal. Dan pada sisi bawah terdapat jack audio, USB type-C, dan speaker. Secara spesifikasi, vivo V21 5G menggunakan system-on-chip Snapdragon 720G. Kapasitas memori yang sama-sama punya RAM 8 GB dan pilihan memori internal 128 GB dan 256 GB. Untuk harganya, versi RAM 8 GB dan ROM 128 GB dibanderol dengan harga Rp4.399.000, dan versi RAM 8 GB dan ROM 256 GB punya harga Rp4.999.000.